Pentingnya VR dan AR untuk Mendukung Metaverse

Tim Litbang MPI, Jurnalis · Rabu 29 Desember 2021 12:49 WIB
https: img.okezone.com content 2021 12 29 57 2524261 pentingnya-vr-dan-ar-untuk-mendukung-metaverse-Z3bluWCj3b.jpg Metaverse (Foto: Fossbytes)

TEKNOLOGI Virtual Reality dan Augmented Reality memegang peranan penting dalam Metaverse. VR dan AR merupakan dua hal yang hampir mirip.

Perbedaan mendasar yakni Augmented Reality mensimulasikan objek buatan di lingkungan nyata. Sementara Virtual Reality menciptakan lingkungan buatan yang bisa dihuni. Lantas, bagaimana sebenarnya Virtual Reality dan Argumented Reality Berikut ulasannya.

Metaverse

1. Virtual Reality (VR)

Virtual Reality adalah teknologi yang memungkinkan dapat berinteraksi dengan suatu lingkungan berdimensi 3D yang disimulasikan oleh komputer terhadap suatu objek nyata atau imajinasi.

VR berfungsi sebagai instrumen yang menghadirkan dunia virtual secara visual. Melalui VR, pengguna Metaverse akan dapat menyaksikan aspek visual dari metaverse yang mendekati kenyataan. VR membawa pemandangan, suara, dan sensasi lainnya lewat perangkat seperti kacamata dan headset. Komponen VR yang paling terkenal adalah head-mounted display (HMD).

Cara kerja perangkat ini melalui peranti khusus VR. Kemudian user akan melihat suatu dunia semu yang sebenarnya merupakan gambar-gambar dinamis hasil dari simulasi komputer.

Terdapat beberapa contoh Virtual Reality yang dapat kita jumpai, salah satunya VRSE. VRSE merupakan produk VR yang dengannya kita dapat melihat video dengan sudut 360 derajat serta terbawa ke berbagai tempat dan event menarik, seperti New York, menikmati pantai, menikmati video musik, dan lain sebagainya.

2. Augmented Reality (AR)

Augmented Reality adalah teknologi yang menggabungkan benda-benda maya. AR menjadi perantara dalam menampilkan skor pada pertandingan olahraga yang ditayangkan melalui 3D, foto, pesan teks di perangkat mobile.

AR membutuhkan input device seperti kamera atau webcam, aoutput device monitor atau HMD agar benda maya tambahan dapat berjalan secara real-time.

Augmented Reality atau sering disebut AR akan melengkapi VR dengan menghadirkan fitur audio dan sensorik yang memungkinkan pengguna Metaverse dapat berinteraksi secara langsung.

Baca juga: 5 Teknologi yang Diperlukan dalam Mengoperasikan Metaverse

Sama halnya dengan VR, AR juga kerap kita temui dalam dunia broadcasting, baik dalam siaran cuaca maupun olahraga. AR berbentuk visual sudah umum di layar kaca TV. Sebuah acara yang memiliki kualitas tinggi dari segi objek visualnya biasanya memanfaatkan teknologi AR. Salah satu contoh film yang menggunakan AR adalah Star Wars.

(DRM)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini