Contoh Kegiatan Sehari-hari yang Bisa Dilakukan dalam Dunia Metaverse

Tim Litbang MPI, Jurnalis · Rabu 29 Desember 2021 13:10 WIB
https: img.okezone.com content 2021 12 29 57 2524272 contoh-kegiatan-sehari-hari-yang-bisa-dilakukan-dalam-dunia-metaverse-Os8FdtMuyc.jpg Metaverse (Foto: CGTN)

METAVERSE kini menjadi perbincangan di berbagai kalangan, mulai dari petinggi negara, pengusaha, hingga pendidik.

Metaverse sendiri adalah dunia virtual yang membuat pengguna bisa melakukan beragam aktivitasnya, seperti bersosialisasi, belanja, mencari hiburan, dan sebagainya, sebagaimana layaknya di dunia nyata.

Nah, berikut beberapa contoh kegiatan sehari-hari yang bisa dilakukan dalam dunia Metaverse. Apa saja?

 Metaverse

1. Komunikasi dan Hiburan

Melansir dari website Oculus, sebuah messenger di Virtual Reality akan diluncurkan. Messenger di VR ini memungkinkan seseorang berkirim pesan singkat ketika sedang atau akan melakukan sesuatu. Contohnya untuk memberi tahu seseorang bahwa sudah waktunya untuk berhenti bermain karena makan malam sudah siap.

Selain itu, mesenger VR akan dihubungkan dengan panggilan audio messenger. Pengguna dapat melakukan panggilan audio dengan teman-temannya dari platform apa pun yang mendukung. Alhasil, pengguna dapat berkumpul atau bepergian bersama ke suatu tujuan.

2. Berbelanja

Transaksi belanja baju hingga membangun rumah kini bisa dilakukan melalui di dunia Metaverse. Transaksinya cukup sederhana. User dapat membuka platform dan nantinya akan diminta untuk menyiapkan dompet kripto yang akan menampung semua mata uang digital.

Salah satu dompet populer yang sering digunakan adalah MetaMask. Jenis kripto yang akan digunakan pun disesuaikan dengan platform yang digunakan. Pasalnya, setiap platform metaverse memiliki token kripto tersendiri yang digunakan untuk melakukan transaksi. Untuk keperluan belanja pakaian, aksesoris, jual tanah di Decentraland Marketplace, user dapat memilih jenis kripto MANA.

 Baca juga: Apa Itu Metaverse? Mengulik Asal-Usul Metaverse dari Novel Fiksi Ilmiah Snow Crash

3. Games

Saat ini banyak games yang telah menerapkan metaverse. Salah satu game yang mendekati metaverse adalah Roblox. Sebuah platform yang terdiri dari ribuan game individu dan menghubungkan user ke ekosistem yang lebih besar dengan adanya interaksi sosial manusia di dalamnya.

Selain itu terdapat game Sandbox. Game ini menawarkan pemain untuk mendapatkan pengalaman virtual, item game berdasarkan NFT serta berbasis Blockchain dan DeFi. Pemain dalam ekosistem bisa membangun dan mendesain avatar sendiri, mengakses berbagai lingkungan, atau mengikuti permainan di Metaverse yang berbeda. Barang-barang digital yang dibuat bisa dimonetisasi melalui NFT serta dijual di Sandbox Marketplace dengan token SAND.

4. Olahraga

E-sport kini tengah marak di berbagai dunia. Bahkan perguruan tinggi University of California-Irvine (Amerika), Staffordshire University (Inggris), Informatics Academy (Singapura) telah memberikan pendidikan e-sport. Dalam E-sport bola pingpong misalnya, kita hanya perlu menggunakan kacamata oculus atau kacamata virtual reality (VR) untuk melakukan pingpong.

5. Edukasi

Secara umum, dunia metaverse mampu membantu seseorang dalam menjalani pelatihan atau beragam kegiatan lainnya di bidang edukasi. Contohnya edukasi dalam dunia kedokteran. Pelatihan untuk membedah dapat dilakukan dengan alat dan pasien virtual. Begitu pula pada saat pembedahan kodok yang dilakukan oleh pelajar atau mahasiswa.

Tak perlu lagi membedah kodok asli hanya untuk menelaah organ tubuhnya. Melalui aplikasi berbasis AR bernama Froggipedia, memungkinkan seseorang untuk mempelajari seluk-beluk kodok. Selain itu, dapat menggunakan keterampilan virtualnya ke ruang operasi.

6. Bekerja

Pendiri dan miliarder Microsoft Bill Gates memperkirakan dua hingga tiga tahun ke depan, sebagian besar pekerja akan melakukan pertemuan virtual dalam metaverse. Pertemuan virtual akan berpindah dari grid gambar kamera 2D (model Hollywood Squares).

"Dalam dua atau tiga tahun ke depan, saya memperkirakan sebagian besar pertemuan virtual akan beralih dari kamera 2D. kisi-kisi gambar-yang saya sebut model Hollywood Squares ke Metaverse, ruang 3D dengan avatar digital,” ungkap Bill Gates yang dikutip dari Tech Radar.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini