Kaleidoskop 2021: Persaingan Tren Ponsel Layar Lipat Kian Sengit

Intan Rakhmayanti Dewi, Jurnalis · Kamis 30 Desember 2021 13:23 WIB
https: img.okezone.com content 2021 12 30 57 2524895 kaleidoskop-2021-persaingan-tren-ponsel-layar-lipat-kian-sengit-xyFxGrFc6V.jpeg Tren ponsel layar lipat di 2021 (foto: istimewa)

SEPANJANG 2021 perang gadget antar produsen global kian sengit. Banyak model dan seri ponsel yang ditelurkan perusahaan kini menjadi tren. Di antara yang paling menonjol adalah kehadiran ponsel layar lipat dari sejumlah produsen ponsel dunia.

Ini menandakan bagaimana persaingan ponsel lipat kian memanas di industri smartphone global. Kehadirannya pun memang sangat dinantikan.

Di Indonesia sendiri, ponsel lipat semakin dikenal karena sering menjadi aksesoris wajib para pengguna kelas menengah dan sering digunakan para tokoh tertentu atau publik figure.

Tidak terhenti hanya di 2021, tren ponsel layar lipat diprediksi kian berjaya di tahun 2022, apalagi bila harga yang ditawarkan sesuai dengan kebutuhan dengan kantong pengguna masyarakat Indonesia.

Seperti apa jenis dan model ponsel lipat yang dikeluarkan sejumlah produsen gadget di 2021 ini. Berikut Okezone rangkum dari berbagai sumber:

 ponsel lipat

1. Samsung Galaxy Z Fold 3 dan Galaxy Z Flip 3

Dimulai dari seri smartphone flagship atau premium, tren smartphone ada di produk Samsung, Galaxy Z Fold3 dan Galaxy Z Flip3.

Meski bukan seri smartphone lipat pertama, Galaxy Z Fold 3 kali ini disempurnakan dengan kemampuan tahan air dan s-pen, atau pena elektronik, juga dengan build quality yang lebih kokoh.

Apalagi soal harga, meski hadir dengan spesifikasi yang lebih baru, ponsel lipat ini malah dibanderol dengan harga lebih murah dibanding versi tahun lalu yang harganay di atas Rp 30 juta. Sementara versi yang sekarang harganya dikisaran Rp 20 jutaan.

"Apa yang ditawarkan ini impian banyak orang, smartphone layar besar tetapi bisa di kantong dan smartphone lipat ini menjadi jawaban, di lipat menjadi smartphone standar, dibuka menjadi tablet. Ini yang menjadikannya stand out dibanding smartphone flagship standar," ujar Lucky saat dihubungi melalui pesan singkat.

Sama halnya dengan Galaxy Z Flip3 juga sama, mengalami pembaruan dengan layar depan lebih lebar, tahan direndam dalam air dan dibuat lebih kokoh.

Fungsi-fungsi baru ditambahkan, seperti auto adjustment kamera untuk menampung komposisi foto jumlah orang yang difoto, supaya masuk di dalam bingkai, atau mengikuti pergerakan objek.

Saat dilipat ukurannya sangat kecil, layaknya seperti kotak bedak dan saat dibuka menjadi ukuran smartphone penuh, sehingga mudah dibawa dan dimasukkan ke dalam tas atau kantong.

iphone 13

2. iPhone 13 Series

Selain produk Samsung, iPhone 13 series yang keluar belakangan ternyata semakin kuat gaungnya di Indonesia. iPhone 13 series terbaru ini sukses dalam peluncuran perdananya, ditandai dengan pre-order nya yang segera habis diminati.

Kalau dulu sebelum aturan IMEI dan pandemi, iPhone tidak resmi banyak dibawa masuk ke Indonesia, kali ini aturan IMEI dan pandemi membuat banyak penggemar memilih untuk menunggu dan mengambil yang resmi, sehingga terlihat penjualan dan pre-order di outlet resmi segera habis.

3. Realme GT Neo2

Dengan harga Rp 6 jutaan yang biasanya baru mendapatkan smartphone mid-range premium, sekarang sudah mendapatkan smartphone dengan chipset flagship yang kencang.

Warna yang diusung juga berbeda dan tidak biasa, kuning stabilo, menjadikannya eye catching. Spek dan performa yang apik, serta harga yang murah untuk kelas flagship menjadikan device ini tren dan banyak diperbincangkan.

 Baca juga: Begini Cara Mengamankan Ponsel dari Virus Corona

4. Xiaomi 11T dan 11T Pro

Sama dengan realme, kata Lucky, Xiaomi yang lebih dulu muncul dikenal sebagai pembuat smartphone dengan spek tinggi tetapi dengan harga yang murah.

Dibanding tahun lalu dimana smartphone flagshipnya Xiaomi masih di atas Rp 10 jutaan, sekarang sudah semakin terjangkau di harga 7jt an, seperti yang diusung Xiaomi 11Tpro.

Di atas kertas spesifikasinya menggoda, menggunakan otak chipset terbaik Snapdragon 888, layar AMOLED dengan rating A+, RAM dan Storage kelas atas, device ini akan menggoda banyak pengguna mid-range untuk beralih.

5. Vivo X70 Pro

Kamera tetap menjadi andalan pada setiap penjualan smartphone dan kemampuannya memang terus meningkat.

Kamera di smartphone vivo X70 Pro menggunakan teknologi yang tidak dimiliki banyak smartphone lain, seperti built in gimbal, yang bisa membuat kamera bergerak lebih jauh mengkompensasi gerakan tangan pada kamera.

Dengan bantuan AI hasil yang didapat menjadi istimewa, dimana biasanya untuk foto malam atau lowlight dengan bukaan lama membutuhkan kamera yang diam dengan menggunakan tripod, sekarang bisa cukup dipegang tangan. Hasilnya foto malam hari yang terang, tajam, dan detail. Demikian juga dengan video bergerak.

6. Oppo Find X3 Pro

Ini flagship Oppo dengan desain lekukan body yang menyatu, membungkus kamera, sehingga terlihat fluid menyatu dalam satu body, bukan tempelan kamera seperti kebanyakan desain sekarang.

Flagship Oppo ini memiliki kemampuan untuk mengambil foto dan video 10-bit, menghasilkan detail warna foto dengan 1 miliar warna, dimana kebanyakan kamera masih 8-bit, 16jt warna.

OPPO Find X3 Pro versi khusus dengan Pentax, menjadikan desainnya semakin unik, seperti kamera DSLR klasik, dengan warna logam silver bercampur dengan kulit.

Sesuai kategori pasarnya, smartphone terjangkau Rp 1-3jt merajai penjualan di Indonesia.

"Desain smartphone dengan harga terjangkau sekarang sudah bagus, dan banyak fitur yang dimiliki smartphone premium juga diturunkan di smartphone ini, bahkan koneksi 5G, sehingga semakin menarik," tutur Lucky.

Device-device seri ini dengan spek cukup dan harga terjangkau dimiliki hampir semua brand, dan tahun ini yang banyak dicari seperti Xiaomi 9c, Poco M3, Oppo A54, vivo Y12s, Samsung A12. (DRM)

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini