Share

Mulai 4 Januari 2022, BlackBerry OS Resmi Dihentikan

Tim Okezone, Jurnalis · Sabtu 01 Januari 2022 10:56 WIB
https: img.okezone.com content 2022 01 01 57 2525894 mulai-4-januari-2022-blackberry-os-resmi-dihentikan-8I2PPcDGWz.jpg Ilustrasi BlackBerry OS. (Foto: Thenextweb)

SEBELUM perangkat smartphone berjaya seperti saat ini, ada ponsel BlackBerry yang menjadi pendahulunya. Tepatnya sekira 10 tahun lalu, BlackBerry pernah menikmati masa emas. Sayangnya, kondisi tersebut tidak bisa bertahan.

Seperti dikutip dari Antara, Sabtu (1/1/2022), situs Liliputing, Mashable, dan Endgadget melaporkan bahwa sistem operasi BlackBerry OS akan berakhir pada tahun ini. Perangkat yang masih menjalankan sistem operasi tersebut akan kehilangan fitur-fitur penting.

Baca juga: BlackBerry Comeback dengan Ponsel 5G dan Keyboard Klasik 

BlackBerry.

Baca juga: BBM Tutup Usia, Ini Aplikasi Penggantinya 

Mulai 4 Januari 2022, sistem operasi BlackBerry 10, BlackBerry 7.1, dan yang lebih lama tidak bisa digunakan untuk menelepon, mengirim SMS, atau memanggil nomor darurat 911.

Aplikasi BlackBerry Link, BlackBerry Desktop Manager, BlackBerry World, BlackBerry Protect, BlackBerry Messenger, serta BlackBerry Blend disebut memiliki fungsi terbatas mulai tanggal itu. Jaringan internet, baik melalui data mobile maupun WiFi, juga akan terganggu.

Tanda-tanda "kematian" Blackberry sebenarnya sudah terlihat beberapa tahun belakangan. Pada 2019, mereka menghentikan layanannya yang tersohor yakni BlackBerry Messenger atau BBM.

Baca juga: Elon Musk Klaim 5 Tahun Lagi SpaceX Bisa Bawa Manusia ke Mars 

Selain itu, pembaruan sistem untuk BlackBerry OS terakhir diberikan pada 2013 atau sudah delapan tahun lalu.

Melalui laman tanya-jawab di situs resminya, BlackBerry juga menyebutkan tidak lagi memberikan pembaruan.

Baca juga: Bos Instagram Sebut Reels Jadi Fokus di 2022 

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini