Share

Teleskop James Webb Bakal Temukan Planet Baru Mirip Bumi?

Intan Rakhmayanti Dewi, Jurnalis · Minggu 02 Januari 2022 20:32 WIB
https: img.okezone.com content 2022 01 02 56 2526387 teleskop-james-webb-bakal-temukan-planet-baru-mirip-bumi-95Oqtzmcp9.jpg Ilustrasi (Foto : News9live)

NASA meluncurkan teleskop James Webb pada akhir Desember lalu. Teleskop antariksa ini bertujuan untuk menjelajahi fase awal sejarah kosmik.

Namun muncul pertanyaan lain, yakni apakah teleskop ini dapat menemukan planet lain yang mirip Bumi?

Para astronom di seluruh dunia mengharapkan untuk menemukan hal yang tidak terduga, seperti planet baru misalnya, kata Sara Seager, astrofisikawan dan ilmuwan planet di Institut Teknologi Massachusetts, dikutip dari CNN.

Planet

Seperti yang diketahui, sejak beberapa tahun silam, para astronom telah menemukan hampir 5.000 exoplanet dan memperkirakan bahwa di galaksi Bima Sakti sendiri memiliki miliaran lebih exoplanet.

Dengan diluncurkannya, observatorium luar angkasa ini diharapkan dapat melihat ke alam semesta yang lebih jauh, serta mengamati benda-benda di tata surya kita.

Baca Juga : Teleskop Luar Angkasa James Webb Berhasil Pasang Antena, untuk Apa?

Apalagi teleskop hampir menjadi identik dengan exoplanet, atau dunia di luar tata surya, yang dapat diamati dengan cara yang unik. Namun, menurut laporan laman Popular Science, teleskop hanya dapat menentukan ukuran, massa, jarak dari bintang, suhu kasar, dan—dalam kondisi tertentu—beberapa molekul mengambang di atmosfernya.

Baca Juga : NASA Bikin Teleskop untuk Misi Berburu Planet Pengembara

Para ilmuwan bahkan tidak yakin berapa banyak kandidat Planet B yang mungkin ada, atau apakah ada di antara mereka yang benar-benar mirip Bumi.

Telesekop hanya akan membantu 'menjahit' celah tersebut, dan menjadi cermin besar, serta instrumen yang ditemukan akan membawa fokus lebih tajam ke tempat-tempat yang jauh.

(hel)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini