Share

Teleskop James Webb Bisa Bertahan hingga 10 Tahun

Intan Rakhmayanti Dewi, Jurnalis · Senin 03 Januari 2022 13:12 WIB
https: img.okezone.com content 2022 01 03 56 2526643 teleskop-james-webb-bisa-bertahan-hingga-10-tahun-u5EzGbckQ8.jpg Teleskop (Foto: Space)

NASA meluncurkan Teleskop Luar Angkasa James Webb (JWST) tepat pada momen Hari Natal. Setelah peluncurannya, NASa mengumumkan beberapa hal yang cukup mengejutkan terkait masa depan teleskop ini.

NASA mengatakan bahwa misi ilmiah tersebut kemungkinan akan berjalan lebih dari 10 tahun, dua kali lipat dari waktu minimum untuk melakukan sebuah misi luar angkasa.

 teleskop

Awalnya, JWST diproyeksikan akan beroperasi selama 5 hingga 10 tahun, tetapi analisis terbaru NASA yang baru dirilis menemukan bahwa teleskop kemungkinan akan memiliki cukup propelan untuk mendukung operasi ilmiah lebih lama lagi.

Menurut NASA, dikutip The Verge, Senin (3/1/2022) propelan ekstra itu berkat ketepatan roket Ariane 5 yang digunakan JWST saat diluncurkan ke luar angkasa.

Hal ini juga karena presisi dari manuver koreksi jalur tengah pertama dan kedua, penyesuaian lintasan kecil yang telah diselesaikan pesawat ruang angkasa pada hari-hari sejak diluncurkan, menempatkannya di jalur menuju tujuannya satu juta mil dari Bumi .

Menurut NASA, ketepatan manuver ini membuat pesawat ruang angkasa memiliki lebih banyak propelan yang dapat digunakan untuk mempertahankan posisi akhir untuk mengamati kosmos.

Badan antariksa memperingatkan, bagaimanapun, bahwa "banyak faktor" pada akhirnya dapat mempengaruhi umur JWST.

Potensi perluasan penelitian ilmiah ini mengingatkan pada teleskop Hubble sebagai pendahulu JWST. NASA awalnya juga memproyeksikan teleskop Hubble akan bertahan sekitar 15 tahun, tetapi masih beroperasi hari ini, lebih dari 30 tahun kemudian.

 Baca juga: Teleskop James Webb Bakal Temukan Planet Baru Mirip Bumi?

Perbedaan utama antara keduanya adalah bahwa Teleskop Luar Angkasa Hubble dapat dilayani oleh astronot sementara JWST tidak.

Baca Juga: Kawal Pengembangan Kampung Perikanan Budidaya, KKP Siapkan Pengawas Perikanan Andal

(DRM)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini