Netflix Diminta Tayangkan Siaran TV Milik Negara Rusia Jika Mau Tetap Beroperasi

Intan Rakhmayanti Dewi, Jurnalis · Selasa 04 Januari 2022 13:09 WIB
https: img.okezone.com content 2022 01 04 54 2527196 netflix-diminta-tayangkan-siaran-tv-milik-negara-rusia-jika-mau-tetap-beroperasi-t6XcBxz3rJ.jpg TV (Foto: Medium)

PENGAWAS internet dan telekomunikasi Rusia, Roskomnadzor akan meminta Netflix untuk menyiarkan 20 saluran TV milik negara.

Hal ini dilakukan oleh regulator setelah menambahkan platform streaming ke daftar "layanan audio-visual", menurut laporan The Moscow Times.

TV

Daftar tersebut muncul pada akhir 2020 dalam upaya untuk meminta layanan streaming online yang pengguna hariannya lebih dari 100.000 untuk menyiarkan saluran TV negara. Selain itu, perusahaan yang terdaftar dalam daftar harus mendirikan anak perusahaan di Rusia.

Melansir laman Android Central, Selaa (4/1/2022), mulai Maret 2022, Netflix wajib menawarkan tayangan dari TV termasuk dari Channel One milik negara, NTV yang fokus pada hiburan, dan saluran internal Gereja Ortodoks Rusia, Spa, kepada pengguna di Rusia.

Netflix versi Rusia sendiri dioperasikan oleh Entertainment Online Service, anak perusahaan dari National Media Group. Menurut Engadget, National Media Group memiliki saham di Channel One.

Di luar Rusia, Netflix biasanya tidak menayangkan saluran milik negara kepada pelanggan. Namun, jika perusahaan ingin tetap beroperasi di dalam negeri tentu harus memenuhi persyaratan baru ini.

Permintaan baru ini menjadi contoh terbaru dari peningkatan kontrol Rusia atas perusahaan internasional yang beroperasi di dalam negaranya.

Baca juga: Hwang Dong Hyuk Bakal Garap Dua Musim Squid Game Lainnya

Sebelumnya pada tahun 2021, negara tersebut mengarahkan Google untuk menghapus konten yang dianggap ilegal. Tepat sebelum tahun baru, otoritas Rusia mendenda Google USD 98 juta karena gagal menghapus konten ilegal. Tahun lalu, Twitter mengalami nasib yang sama.

(DRM)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini