Sains Dalam Alquran, Erosi Mampu Mengubah Gunung Jadi Daratan Luas

Dyah Ratna Meta Novia, Jurnalis · Selasa 04 Januari 2022 13:56 WIB
https: img.okezone.com content 2022 01 04 56 2527227 sains-dalam-alquran-erosi-mampu-mengubah-gunung-jadi-daratan-luas-ojAcMQAPbh.jpg Gunung (Foto: Times of india)

ALQURAN merupakan kitab suci umat Islam yang jadi penuntun hidup menuju akhirat. Namun ternyata Alquran juga memiliki banyak sains dan ilmu pengetahuan.

Apalagi kajian Alquran mencakup bumi dan langit serta isi-isinya, baik yang terlihat maupun yang tidak. Bahkan Alquran juga sudah memberi petunjuk tentang ilmu pengetahuan, misalnya seperti erosi mengubah gunung menjadi daratan.

 daratan

Allah SWT berfirman, “Dialah yang menjadikan bumi sebagai hamparan bagimu”. (Al-Baqarah: 22). “Dan bumi itu telah Kami hamparkan, maka sebaik-baik yang menghamparkan (adalah Kami)”. (Al-Dzariyat: 48). Allah menjadikan bumi untukmu sebagai hamparan, supaya kamu menjalani jalan-jalan yang luas di bumi itu". (Nuh: 19-20)

Kulit bumi yang sebelumnya berupa bola api telah berubah menjadi lapisan padat dan keras yang memiliki permukaan-permukaan yang tinggi (gunung), rendah (lembah), dan dataran.

 Baca juga: Alquran dan Sains Jelaskan Asal-Usul Air di Bumi

Kemudian proses erosi (pengikisan) kemudian mengubah permukaan-permukaan yang tinggi tersebut menjadi dataran-dataran rendah, jalan-jalan, dan berbagai macam relief lainnya sehingga menjadi tempat yang layak untuk dihuni dan ditinggali oleh manusia dan binatang. Demikian dikutip dari Buku Pintar Alquran dalam Sains, Mengerti Mukjizat Ilmiah Firman Allah, Dr Nadiah Thayyarah, Halaman 472-473.

(DRM)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini