5 Cara Rekam Video dari Smartphone untuk Hasil Maksimal

Ahmad Muhajir, Jurnalis · Kamis 06 Januari 2022 17:49 WIB
https: img.okezone.com content 2022 01 06 57 2528439 5-cara-rekam-video-dari-smartphone-untuk-hasil-maksimal-UttQGodnMC.jpg Cara merekam video dari ponsel dengan hasil maksimal (foto: Okezone)

JAKARTA - Smartphone sudah menjadi bagian penting saat ini, bukan lagi sekadar digunakan untuk menelepon atau mengirimkan pesan, ponsel pintar kini dimanfaatkan untuk merekam video.

Mungkin Anda berpikir butuh handset tambahan yang mahal dan berkemampuan 4K untuk menghasilkan video yang bagus, tetapi sebenarnya smartphone murah juga mampu merekam video secara maksimal.

Baca Juga:  Cara Membuat Tanda Tangan Digital di Google Docs

Perlu dicatat, hampir semua smartphone yang diproduksi saat ini bisa merekam video. Setidaknya, tersemat kemampuan merekam video beresolusi 720 piksel atau HD. Namun ada cara dan teknik yang perlu diketahui agar menghasilkan gambar yang maksimal. 

Berikut 5 cara menghasilkan gambar maksimal dari smartphone seperti dikutip dari Phone Arena, Kamis (6/1/22).

Baca Juga:  Ingin Foto Malam Hari Terlihat Keren? Perhatikan 4 Hal Ini

1. Cek Memori

Pastikan smartphone memiliki ruang yang cukup untuk menyimpan video sebelum mulai merekam. Kalau tidak, bisa mengalami force close di tengah jalan saat merekam video.

2. Perhatikan Kondisi Cahaya

Andai berada dalam kondisi kurang cahaya, maka flash smartphone bisa digunakan, meskipun hasilnya nanti kurang begitu alami. Lalu, jika berada di dalam ruangan yang kurang pencahayaan cobalah buka jendela dan gunakan 1-2 lampu.

3. Genggam Ponsel Secara Horizontal

Hindari menggenggam ponsel secara vertikal saat ingin merekam video. Sebab, video dimaksudkan untuk ditonton secara horizontal atau dalam mode lanskap. Dan, saat melihat video vertikal, maka bakal terlihat dua bar hitam di samping video.

4. Pakai Tripod

Tentu Anda bisa terbebas dari goyangan dengan menggunakan bantuan tripod, ini menjadi salah satu kunci bikin rekamanan terlihat stabil. Meski perangkat memiliki built-in image stabilization, masih cukup sulit untuk menghasilkan video sempurna dengan satu tangan.

5. Gunakan Aplikasi Edit Video

Pasca rampung merekam video, jangan lupa untuk melakukan proses editing dengan menggunakan aplikasi yang tersedia. Proses ini, memungkinkan video yang telah direkam untuk dipercantik lewat penambahan musik atau teks.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini