8 Produk Teknologi Baru yang Dipamerkan di CES 2022

Antara, Jurnalis · Kamis 06 Januari 2022 18:23 WIB
https: img.okezone.com content 2022 01 06 57 2528460 8-produk-teknologi-baru-yang-dipamerkan-di-ces-2022-5dxwVKeevI.jpg Daftar produk baru di CES 2022 (foto: Antara)

JAKARTA - Berbagai perusahaan teknologi berlomba-lomba menghadirkan produk terbaru mereka dalam pameran teknologi Consumer Electronics Show (CES) 2022.

Pada pameran yang berlangsung 5-7 Januari 2022 di Las Vegas, Amerika Serikat itu, dipamerkan sejumlah produk mulai dari ponsel pintar, laptop, perangkat virtual reality (VR), hingga smart home.

Berikut sejumlah produk teknologi yang diluncurkan pada pameran teknologi CES 2022.

Baca Juga: CES 2022: Nokia Luncurkan 4 Smartphone Baru, Begini Spesifikasinya

Baca Juga:  CES 2022: Sony Ungkap Spesifikasi VR Terbaru untuk PS5

1. PlayStation VR2

Sony dalam ajang CES 2022 mengumumkan nama perangkat VR terbarunya bersamaan dengan gim yang secara ekslusif dikhususkan untuk VR teranyarnya itu.

Adapun perangkat itu bernama PlayStation VR2 yang diumumkan langsung oleh CEO Sony Interactive Entertainment Jim Ryan di dalam presentasinya kepada pengunjung CES.

Sony telah mengeluarkan spesifikasi dari PS VR2 yaitu mampu terkoneksi dengan PS5, lalu memiliki controllers bernama “Sense Controllers”.

Perangkat ini juga memiliki fitur “eye tracking” dengan panel layar yang mampu menunjukkan resoluasi 4K HDR dengan refresh rate 90/120Hz, ketajaman gambar yang halus, serta jarak pandang 110 derajat.

Dari segi konektivitas, perangkat ini bisa terhubung dengan PS5 menggunakan kabel USB type C.

Ada pun gim yang diumumkan secara khusus untuk PSVR2 bernama “Horizon Call of the Mountain” mengikuti perilisan gim “Horizon Forbidden West” pada Februari 2022.

2. Samsung Freestyle

Samsung mengenalkan dan meluncurkan produk gaya hidup terbarunya berupa proyektor portabel kekinian yang bernama “Freestyle” dalam ajang CES 2022.

Produk tersebut menawarkan tidak hanya kemampuan proyeksi gambar namun juga menjadi perangkat hiburan karena memiliki fungsi audio dan fitur-fitur lainnya.

Freestyle dirancang mudah untuk dibawa kemana saja dengan beratnya tidak sampai 1 kilogram dengan kemampuan rotasi 180 derajat sehingga penggunanya bisa menyesuaikan kebutuhan untuk menonton atau melihat foto atau video yang diinginkan.

pengguna bisa menikmati resolusi yang cukup baik 1080p dengan luasan gambar maksimum hingga 100 inci. Freestyle juga dilengkapi dengan fitur audio 360 memberikan pengalaman penonton yang menyenangkan di mana pun film diputarkan oleh pengguna.

Pada bagian daya, produk ini mendukung pengisian daya menggunakan USB-PD dengan masukan 50W.

Produk ini akan dipamerkan selama CES 2022 berlangsung dan baru bisa dipesan di Kanada dengan metode preorder seharga 1.149 dolar Kanada atau setara Rp12,9 juta.

3. Prosesor 12th Gen Intel Core H-series

Intel mengumumkan prosesor 12th Gen Intel Core H-series yang menetapkan standar prosesor laptop berperforma tertinggi di dunia dalam gelaran CES 2022.

Dibangun dengan teknologi proses Intel 7 dengan performance hybrid design perdana dari Intel, H-series, dipimpin oleh prosesor flagship i9-12900HK, menyajikan performa hingga 40 persen lebih tinggi untuk menghadirkan pengalaman gaming tak tertandingi dan game play hingga 28 persen lebih cepat dibandingkan i9-11980HK.

Intel pun memamerkan lebih dari 20 perangkat baru yang ditenagai oleh 12th Gen Intel Core H-series. Selain itu, Intel juga meluncurkan prosesor mobile ultraportabel baru P-series untuk menghadirkan kinerja ke dalam laptop thin-and-light.

Intel juga mengumumkan pengiriman grafis Intel Arc kepada para pelanggan OEM. Intel Arc adalah merek untuk produk grafis berperforma tinggi dari Intel dan memberi pilihan baru bagi industri, termasuk banyak platform discrete graphics lainnya dari Intel.

4. Laptop gaming dan Creator MSI

MSI, merek perangkat keras dari Taiwan, meluncurkan tujuh seri laptop gaming dan satu seri Creator pada pameran teknologi dunia CES 2022.

Laptop yang baru saja diluncurkan ini menggunakan prosesor Intel Gen 12 seri H. Secara umum, semua laptop baru ini menggunakan kartu grafis NVIDIA GeForce RTX 3080 Ti dan GeForce RTX 3070 Ti.

MSI meningkatkan performa CPU laptop gaming antara 30 sampai 45 persen dibandingkan seri sebelumnya. Pemilihan prosesor juga membantu mengoptimalkan sistem pendinginan perangkat.

Sementara pada seri Creator, layar lebih besar hingga 17 inci. Performa CPU seri ini meningkat hingga 45 persen dan memiliki Vapor Chamber Cooler terbaru.

5. Skuter listrik ES800

Perusahaan asal China Okai meluncurkan skuter listrik off-road ES800 dalam CES 2022. Skuter tersebut dirancang untuk beroperasi dengan mulus di medan yang sulit dan berat.

Fitur yang disematkan dalam skuter tersebut termasuk suspensi penuh dan motor listrik 1.800W yang memungkinkan untuk mencapai kecepatan 37 mil per jam (60 km/jam) dan mendaki 35 persen tanjakan yang curam.

Skuter ini memiliki baterai 980 Wh, menawarkan jangkauan yang lebih besar dari pesaingnya. Perusahaan belum memberikan rincian harga untuk e-skuter maupun rincian ketersediaan global.

6. Samsung Home Hub

Samsung mengenalkan perangkat terbarunya yaitu Samsung Home Hub, sebuah tablet pintar berukuran 8,4 inci yang telah ditenagai oleh kecerdasan buatan (AI) untuk mengatur dan menciptakan smart home bagi para pengguna peralatan rumah tangga yang dikelola Samsung.

Konektivitas antar perangkat elektronik yang terhubung dengan Samsung Home Hub dijanjikan akan memudahkan pengguna untuk memenuhi “to-do list” mereka dengan cepat dan mudah.

Perangkat elektronik rumah tangga SmartThings dari Samsung yang sudah bisa dikendalikan lewat Home Hub terdiri dari beberapa kategori seperti memasak, perawatan pakaian, perawatan hewan peliharaan, pengaturan udara, serta pengaturan energi.

Produk itu dikenalkan dalam acara CES 2022 dan akan mulai tersedia Maret 2022 di Korea Selatan.

7. Laptop ASUS ROG terbaru

ASUS mengumumkan empat laptop baru sekaligus pada lini gaming Republic of Gamers (ROG) pada pameran teknologi internasional CES 2022

ASUS meluncurkan empat model laptop untuk seri ROG Zephyrus dan ROG Strix, yaitu Zephyrus Duo 16, Zephyrus G14, Strix SCAR dan Strix G.

8. Acer Swift X

Acer mengumumkan jajaran laptop ultraportable Swift X baru yang ditenagai prosesor generasi ke-12 Intel dalam pameran teknologi dunia Consumer Electronics Show (CES) 2022.

Terdapat dua model Acer Swift X, masing masing menampilkan layar 14 inci dan 16 inci. Acer Swift X 14 inci memiliki resolusi layar 2240 x 1400 piksel sedangkan model 16 inci hadir dengan resolusi layar hingga 2560 x 1600 piksel. Kedua model hadir dengan dukungan untuk rasio aspek 16:10.

Perangkat tersebut ditenagai prosesor Intel Core generasi ke-12 baru yang dipasangkan dengan prosesor grafis Arc baru dari Intel. Disematkan pula RAM LPDDR5 hingga 32GB dan penyimpanan SSD hingga 2TB.

Model 14 inci tersedia dengan GPU laptop GeForce RTX 3050 Ti dari Nvidia atau grafis terintegrasi. Kedua model menjalankan sistem operasi Windows 11 out-of-the-box.

Keduanya datang dengan dua port Thunderbolt 4, dua port USB-A, port HDMI 2.0, dan pembaca sidik jari. Laptop ini juga diklaim ringan karena perusahaan mengatakan model 14 inci memiliki berat 3,09 lbs, sedangkan model 16 inci memiliki berat 3,95 lbs.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini