Ilmuwan Latih Ikan Mengemudi Mobil di Darat

Ahmad Muhajir, Jurnalis · Jum'at 07 Januari 2022 08:28 WIB
https: img.okezone.com content 2022 01 07 56 2528643 ilmuwan-latih-ikan-mengemudi-mobil-di-darat-hwuatreATp.jpg Ikan mengemudi (Foto: IFL Science)

TIM ilmuwan Israel dari Ben-Gurion University of the Negev membangun “kendaraan bertenaga ikan” (Fish Operated Vehicle/FOV) dan mengajari enam ikan mas untuk mengemudi di darat.

Dikutip dari CTVNews, Kamis (6/1/22), para ilmuwan tersebut mengatakan secara keseluruhan, penelitian ini menunjukkan ikan dapat belajar mengendalikan kendaraan dan menggunakan strategi navigasi sederhana agar dapat mengemudi.

 ikan mengemudi

Penelitian yang telah diterbitkan di jurnal Behavioral Brain Research tersebut menjelasan, FOV terdiri dari tangki air kaca bermotor roda empat ditambah kamera untuk melacak pergerakan ikan, komputer dan teknologi LIDAR untuk mendeteksi lokasi.

"Kendaraan ini dirancang untuk mendeteksi posisi ikan di tangki air dan berinteraksi dengan mengaktifkan roda sehingga kendaraan bergerak ke arah yang ditentukan sesuai dengan gerakan ikan,” terang mereka.

Lewat metode tersebut, disebutkan reaksi FOV terhadap gerakan memungkinkan ikan untuk mengemudi.

Salah satu peneliti, Ronen Segev mengungkapkan kegembiraannya lewat akun Twitter pribadinya atas keberhasilan riset tersebut.

"Saya senang bisa berbagi studi baru ini yang dipimpin oleh Shachar Givon, Matan Samina, dan Ohad Ben Shahar," tulis Segev.

 Baca juga: Peristiwa Aneh, 'Hujan Ikan' Terjadi saat Angin Puting Beliung Melanda

Menurutnya, penelitian ini membuktikan ikan mas juga bisa belajar menavigasi kendaraan bermotor di darat.

(DRM)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini