Terungkap, Otak Anjing Bisa Bedakan Bahasa Manusia

Ahmad Muhajir, Jurnalis · Jum'at 07 Januari 2022 13:20 WIB
https: img.okezone.com content 2022 01 07 56 2528788 terungkap-otak-anjing-bisa-bedakan-bahasa-manusia-OSk6jp9Quy.jpg Anjing pintar (Foto: Asia one)

PENELITIAN terbaru oleh Departemen Etologi, Universitas Eotvos Lorand, Hungaria, menunjukkan otak anjing ternyata bisa membedakan bahasa manusia.

Disadur dari SciTechDaily, Jumat (7/1/2022), temuan ini menjelaskan jika otak anjing dapat mengenali ucapan manusia, dan meresponsnya dengan pola aktivitas yang berbeda untuk bahasa yang dikenal dan bahasa yang tidak dikenal.

 anjing

Hasil temuan otak non-manusia yang dapat membedakan bahasa ini merupakan yang pertama kali. Makalah penelitiannya sendiri sudah diterbitkan di jurnal akademis NeuroImage.

“Kami merancang sendiri studi pencitraan otak untuk mengetahui hal ini,” kata Laura V. Cuaya, salah satu peneliti.

Penelitian ini melibatkan 18 anjing di mana semuanya disuruh berbaring di tempat khusus dengan tambahan perangkat penunjang, dan dilatih membedakan bahasa Spayol serta Hungaria.

 Baca juga: Duh! Pelancong Ini Tuntut Maskapai Gegara Anjingnya Mati Sesak Napas di Pesawat

"Tetapi, mekanisme yang mendasari kemampuan otak anjing dalam deteksi ucapan ini mungkin berbeda dari sensitivas untuk berbicara, sementara otak manusia secara khusus disetel untuk berbicara, otak anjing mungkin cuma bisa mendeteksi suara," jelas Raul Hernandez-Perez, peneliti lainnya.

(DRM)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini