Share

3 Aplikasi yang Bantu Penyandang Disabilitas di Android

Ahmad Muhajir, Jurnalis · Sabtu 08 Januari 2022 12:02 WIB
https: img.okezone.com content 2022 01 08 57 2529173 3-aplikasi-yang-bantu-penyandang-disabilitas-di-android-FJElidn3QF.jpg Ilustrasi. (Foto: Shutterstock)

PONSEL pintar atau Smartphone berbasiskan Android tetap bisa diakses oleh para penyandang disabilitas. Guna membantu mereka mengoperasikan perangkatnya, Google Play pun menyediakan sejumlah aplikasi penunjang.

Dirangkum Okezone dari berbagai sumber, sedikitnya ada 3 aplikasi yang dapat membantu penyandang disabilitas menggunakan ponsel pintar OS Android, yakni Action Blocks, Transkripsi Instan, dan Amplifier Suara.

Action Blocks

Aplikasi Action Blocks menyediakan akses mudah untuk melakukan tindakan-tindakan rutin melalui satu tombol yang dapat disesuaikan di layar utama. Penggunanya cukup meluncurkan Action Blocks dan memilih aktivitas bermanfaat yang sudah tersedia.

Kemudian, pengguna juga dapat menyiapkan tindakannya sendiri, memilih gambar untuk tombolnya, dan tinggal meletakkannya di layar utama. Action Blocks sangat membantu penyandang disabilitas kognitif agar bisa lebih mudah melakukan kegiatan sehari-hari, seperti menghubungi seseorang lewat panggilan video.

Andorid

Transkripsi Instan

Di Transkripsi Instan tersaji teks dari audio yang memungkinkan percakapan sehari-sehari antara orang yang tidak bisa mendengar, mengalami gangguan pendengaran, dan pendengaran normal.

Terdapat fitur yang memiliki kemampuan untuk membuat ponsel bergetar saat nama pengguna disebut. Fitur ini membantu memahami ketika penggunanya dipanggil.

Amplifier Suara

Aplikasi ini bisa bikin audio di smartphone lebih jernih. Oleh karenanya sangat membantu bagi seseorang yang pendengarannya terbilang lemah. Penggunanya pun bisa mengatur preferensi audio sesuai keinginan mereka, termasuk digunakan sebagai amplifier portable dengan headphone bluetooth.

(mrt)

1
1

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini