Awas, File yang Diterima di WhatsApp Bisa Jadi Jebakan

Ahmad Muhajir, Jurnalis · Senin 10 Januari 2022 16:53 WIB
https: img.okezone.com content 2022 01 10 54 2530054 awas-file-yang-diterima-di-whatsapp-bisa-jadi-jebakan-peismrQPSy.jpg File yang diterima di WhatsApp bisa jadi jebakan (Foto: Daily Star)

JAKARTA - WhatsApp tetap punya celah keamanan. Perusahaan keamanan siber Symatec menyatakan file media yang masuk ke aplikasi perpesan ini bisa menjadi jebakan.

Diolah dari Indian Express, Senin (10/1/2022), peneliti Symatec menjelaskan bahwa terdapat celah di WhatsApp yang disebut "Media File Jacking."

Celah "Media File Jacking" ini memungkinkan peretas mengubah gambar dan file audio jika fitur 'simpan ke galeri' diaktifkan penggunanya.

Baca Juga: Deretan Fitur WhatsApp Guna Melindungi Data Pribadi, Apa Saja?

Hal buruk yang bakal terjadi, peretas bisa memanipulasi informasi seperti foto, video, dokumen, faktur, bahkan memo suara dengan mengakses file-file ketika dibagikan dan diterima oleh aplikasi.

Kendati begitu, semuanya tergantung apakah malware sudah terinstal di smartphone pengguna atau belum.

Ketika aplikasi yang mengandung malware diinstal pengguna, pelaku pembajakan file model ini dapat mengubah angka dalam foto faktur untuk menipu korban hingga memodifikasi foto pribadi targetnya.

(amj)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini