Fenomena Langka, Bintang Merah Raksasa Meledak di Luar Angkasa

Ahmad Muhajir, Jurnalis · Selasa 11 Januari 2022 16:14 WIB
https: img.okezone.com content 2022 01 11 56 2530603 fenomena-langka-bintang-merah-raksasa-meledak-di-luar-angkasa-0dnTsC2Zec.jpg Bintang merah raksasa meledak di luar angkasa (Foto: W.M Keck Observatory/Adam Makarenko)

JAKARTA - Bintang yang memancarkan cahaya merah dan berukuran raksasa meledak di luar angkasa. Fenomena langka ini untuk pertama kalinya disaksikan secara langsung oleh para astronom.

Dikutip dari Keck Observatory, Selasa (11/1/2022), temuan ini merupakan terobosan dalam memahami tentang fenomena bintang masif, khususnya beberapa saat sebelum hancur.

"Deteksi langsung aktivitas pra-supernova di bintang raksasa merah belum pernah diamati sebelumnya. Untuk pertama kalinya, kami menyaksikan bintang super raksasa merah meledak!" kata Peneliti Pascasarjana NSF di UC Berkeley dan penulis utama studi ini, Wynn Jacobson-Galan.

Baca Juga: Mengenal Lubang Hitam, Kuburan Bintang-Bintang

Pengamatannya sendiri, dilakukan dengan menggunakan teleskop Pan-STARRS di Maui, Hawaii. Para ilmuwan berhasil mendeteksinya pada musim panas 2020 berkat banyaknya cahaya yang dipancarkannya.

Kemudian, pada musim gugur ketika menjadi supernova, mereka melihat kilatan kuat menggunakan Keck Observatory's Low Resolution Imaging Spectrometer (LRIS).

Selain itu, mereka menangkap pula spektrum supernova pertama yang dikenal sebagai SN 2020tlf, hal itu menunjukkan bahwa bintang tersebut kemungkinan mengeluarkan sejumlah besar materi circumstellar padat tepat sebelum ledakan.

(amj)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini