4 Posisi Router WiFi yang Tepat agar Internet Tak Lemot

Ahmad Muhajir, Jurnalis · Rabu 12 Januari 2022 15:09 WIB
https: img.okezone.com content 2022 01 12 54 2531111 4-posisi-router-wifi-yang-tepat-agar-internet-tak-lemot-tdThjfz63y.jpg Posisi WiFi yang tepat agar internet tak lemot (Foto: How-To Geek)

JAKARTA - WiFi sekarang menjadi andalan bagi khalayak untuk mengakses internet, meski terkadang ada keluhan kecepatan aksesnya lemot. Salah satu penyebabnya adalah peletakan Router WiFi yang kurang tepat.

Dilansir dari Laptop Mag, Rabu (12/1/2022), pada dasarnya ada titik terbaik untuk meletakkan router dengan memetakan medan magnetik yang dipancarkannya.

Berikut letak yang pas bagi Router WiFi supaya internet tidak lemot dan tetap stabil.

1. Di Tempat Tinggi

Usahakan router ada di tempat yang agak tinggi demi menghindarinya terhalang oleh banyak barang, sebab dapat mengganggu pancaran sinyal.

2. Letakkan di Tengah Ruangan

Hindari meletakkan router di sudut pojok rumah atau di dekat stop kontak. Penempatan tersebut tidak efektif, karena semua benda yang ada disekelilingnya bakal menyerap, menghalangi, dan memperlemah sinyal.

Jadi, posisikan Router WiFi di tengah gedung atau rumah, agar setiap sudut dari bangunan terjangkau jaringan WiFi.

Baca Juga: Tips Hemat Kuota Modem WiFi, Dicoba Yuk!

3. Atur Posisi Antena

Kalau router yang digunakan masih memiliki antena, sebaiknya diatur posisi antenanya supaya jaringan internet tidak lambat. Ingat, Antena berfungsi untuk memperbesar tangkapan jaringan.

Arahkan router ke atas jika router cuma punya 1 antena. Sedangkan, kalau memiliki lebih dari 1 antena, pastikan tidak mengarahkannya di posisi yang sama.

4. Jangan Taruh Dekat Microwave

Menaruh router di dekat microwave adalah kesalahan, karena microwave juga menggunakan sinyal elektromagnetik untuk memanaskan makanan.

Oleh sebab itu, sinyal yang dipancarkan microwave bisa menganggu sinyal WiFi.

Selain itu, sebaiknya juga tidak meletakkan router di alat elektronik bermaterial logam, seperti rak logam, meja baja, kulkas, TV, dan sebagainya.

(amj)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini