4 Cara Blokir Iklan di Smartphone yang Bisa Jadi Malware

Ahmad Muhajir, Jurnalis · Jum'at 14 Januari 2022 10:15 WIB
https: img.okezone.com content 2022 01 14 57 2532037 4-cara-blokir-iklan-di-smartphone-yang-bisa-jadi-malware-naVQzSIh3F.jpg Blokir iklan di smartphone (Foto: AndroidGuys)

JAKARTA - Smartphone dengan sistem operasi (OS) Android terkadang memunculkan iklan secara tiba-tiba, hal ini pun seringkali cukup mengganggu pemilik perangkat.

Dirangkum dari berbagai sumber, penting diingat bahwa iklan yang muncul pada ponsel pintar bisa jadi merupakan pintu masuk bagi malware yang ingin menyerang perangkat.

Oleh sebabnya, penting untuk mengetahui 4 cara memblokir iklan yang bisa jadi malware. Selengkapnya berikut ini.

1. Security Settings

Cara termudah yang bisa dilakukan adalah lewat "Security Settings" pada smartphone. Buka pengaturan dan masuk ke Security Settings. Lalu, jangan izinkan mengunduh dari sumber yang tidak jelas.

2. Google Play Protect

Masuk ke Google Play Store dan pilih menu Play Protect. Kemudian, pilih ”toggle scan device for security threats” untuk memindai ponsel dari malware atau iklan yang mengganggu.

Baca Juga5 Cara Rekam Video dari Smartphone untuk Hasil Maksimal

3. Aplikasi AdBlock

AdBlock atau Ad Blocker merupakan aplikasi yang diciptakan untuk memblokir iklan. Ada banyak aplikasi AdBlock di Google Play Store. Apliaksi ini dapat melakukan penyetelan otomatis agar pengguna bisa berselancar di internet tanpa terganggu iklan.

4. Aplikasi Adclear

Ada juga aplikasi AdClear yang tujuannya serupa. AdClear adalah aplikasi untuk memblokir iklan di Android, juga mengontrol trafik data dari aplikasi yang diinstal di ponsel.

Catat, jika melihat iklan ketika menginstal aplikasi atau bermain game itu hal wajar. Namun, andai tiba-tiba iklan muncul di smartphone Android ketika tidak sedang membuka aplikasi atau game, maka patut waspada.

Risiko terparah yang dapat terjadi, ponsel pintar yang dimiliki mungkin terkena malware, kemudian ternyata bisa mencuri data, atau bahkan menguras rekening.

(amj)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini