Sains dan Alquran: Pentingnya Jaga Kebersihan Mulut agar Terhindar dari Mikroba Jahat

Novie Fauziah, Jurnalis · Sabtu 15 Januari 2022 07:49 WIB
https: img.okezone.com content 2022 01 15 56 2532547 sains-dan-alquran-penting-jaga-kebersihan-mulut-agar-terhindar-dari-mikroba-jahat-fpOadukEWG.jpg Ilustrasi pentingnya menjaga kebersihan mulut. (Foto: Racool Studio/Freepik)

SAINS dan Alquran kali ini membahas pentingnya kesehatan mulut. Setiap Muslim diajarkan menjaga kebersihan mulut supaya terhindar dari ancaman mikroba jahat. Tanpa disadari sebagian orang mengabaikan perawatan mulut, padahal di dalamnya ada jutaan mikroba.

Dinukil dari 'Buku Pintar Sains dalam Alquran' karya Dr Nadiah Thayyarah, ketika manusia makan maka akan menyisakan makanan di mulut. Kemudian mikroba langsung beraksi dan memilih sisa-sisa makanan yang mengandung tepung serta gula.

Baca juga: Sains dan Alquran Buktikan Lebah Jadi Serangga Diistimewakan Allah Ta'alaย 

Kemudian saat mulai bekerja di sisa-sisa makanan, mikroba akan menghasilkan zat asam yang terkonsentrasi. Zat tersebut memiliki kemampuan melarutkan bagian enamel (email) gigi secara bertahap dan menimbulkan pembusukan gigi.

Maka jika pembusukan terjadi, gigi akan menjadi sakit. Tidak jarang juga yang harus berakhir mencabut gigi. Ini untuk mencegah pembusukan terhadap gigi lain yang masih sehat.

Baca juga: Pemuda Indonesia Ghozali Ghozalu Sukses Jual NFT Foto Selfie, Chef Arnold Ikutan Beliย 

Rasulullah Shallallahu alaihi wassallam pun selalu menjaga kebersihan mulut dan gigi dengan menggunakan siwak. Sebagaimana dijelaskan dalam riwayat hadis berikut ini:

"Siwak merupakan kebersihan bagi mulut dan keridhaan bagi Rabb." (HR Ahmad, Irwaul Ghalil Nomor 66. Syarhul Mumtiโ€™ 1/120 dan Taisir โ€˜Alam 1/62)

Kemudian dalam riwayat hadis lainnya juga disebutkan:

"Kalau bukan karena akan memberatkan umatku maka akan kuperintahkan mereka untuk bersiwak setiap akan wudhu." (HR Bukhari dan Muslim, Irwaul Ghalil Nomor 70)

Baca juga: Drone Berawak Pertama di Eropa Sukses Terbang ke Langitย 

Baca juga: Suara Pevita Pearce Hadir di PUBG Mobile, Begini Cara Dapatkannya!ย 

Rasulullah Shalallahu alaihi wassallam bersabda:

ูˆู‚ุงู„ ุตู„ู‰ ุงู„ู„ู‡ ุนู„ูŠู‡ ูˆุณู„ู…: {ุชูŽุณูŽูˆู‘ูŽูƒููˆุง ูุฅู†ู‘ูŽ ุงู„ุณู‘ููˆูŽุงูƒ ู…ูŽุทู’ู‡ูŽุฑูŽุฉูŒ ู„ูู„ู’ููŽู…ู ู…ูŽุฑู’ุถูŽุงุฉูŒ ู„ูู„ุฑู‘ูŽุจู‘ู}.

Artinya: "Bersiwaklah kalian, karena sungguh siwak itu menyucikan mulut dan diridhai Tuhan." (HR Imam Ibnu Majah)

Wallahu a'lam bishawab.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini