Share

Google Doodle Peringati HUT Sandiah "Ibu Kasur", Siapa Dia?

Antara, Jurnalis · Minggu 16 Januari 2022 10:02 WIB
https: img.okezone.com content 2022 01 16 54 2532882 google-doodle-peringati-hut-sandiah-ibu-kasur-siapa-dia-1ySVMLuVf4.jpg Google Doodle peringati Sandiah "Ibu Kasur" (Foto: Google)

JAKARTA - Google Doodle memperingati Hari Ulang Tahun (HUT) ke-96 sosok penghibur dan pendidik anak-anak Indonesia, Sandiah. Sosoknya, dikenal sebagai Ibu Kasur.

Selama hidup, Ibu kasur terkenal sebagai sosok keibuan yang sabar dan penyayang, mengajarkan generasi muda Indonesia nilai-nilai moral dan pelajaran untuk masa depan di berbagai platform.

Lahir di Jakarta pada 16 Januari 1926, Sandiah pernah menjadi pembawa acara anak-anak populer "Taman Indria". Lalu, sempat bergabung dengan Pramuka, di mana bertemu dengan suaminya, Pak Kasur.

Memiliki dedikasi terhadap pendidikan anak-anak yang berkembang di SMP, Ibu Kasur dan suaminya membuka sekolah pendidikan awal bernama TK Mini di rumahnya sendiri pada 1965.

Baca Juga: Gmail Capai 10 Miliar Unduhan di Google Play Store

Sekolah itu, menjadi dasar bagi pengabdian seumur hidup Ibu dan Bapak Kasur terhadap pendidikan pemuda Indonesia.

Kemudian, beliau memperluas program pendidikannya ke seluruh Indonesia sebagai pembawa acara program anak-anak di Radio Republik Indonesia dan sebagai ketua Yayasan Setia Balita.

Pada 1990-an, yayasan tersebut mendirikan 4 cabang taman kanak-kanak secara nasional.

Selain itu, dirinya juga mengedit majalah anak-anak, memproduksi film anak-anak, dan membuat puluhan lagu anak-anak.

Baca Juga: Google Luncurkan OS Android 12L Versi Beta 2

"Jika Anda mendengarkan dengan seksama komposisi pendek khas Kasur, Anda dapat mendengar bahwa mereka mengecualikan huruf "r" untuk membuat lagu untuk anak-anak yang mudah diingat dan diucapkan," kata Google Doodle dalam keterangan resminya.

Ibu Kasur dianugerahi Penghargaan Presiden atas prestasinya sebagai pendidik yang kreatif dan berdedikasi pada Hari Anak Nasional 1988.

Hingga sekarang, banyak dari 150 lagu anak-anak Kasur, seperti "Kucingku" atau "Bertepuk Tangan", masih dinyanyikan oleh anak-anak di seluruh Indonesia.

(amj)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini