Share

Twitter Rilis Fitur Baru, Warganet Bisa Tandai Cuitan Hoaks

Antara, Jurnalis · Selasa 18 Januari 2022 10:08 WIB
https: img.okezone.com content 2022 01 18 54 2533791 twitter-rilis-fitur-baru-warganet-bisa-tandai-cuitan-hoaks-HDLkAUnapg.jpg Fitur baru Twitter bisa tandai cuitan hoaks (Foto: CNET)

JAKARTA - Twitter resmi merilis fitur barunya, memungkinkan warganet bisa mendanai cuitan-cuitan hoaks di linimasa jejaring sosial tersebut.

Dilansir dari Reuters, Selasa (18/1/2022), peluncuran fitur itu pada tahap pertamanya mulai diterapkan di 3 negara, yakni Brazil, Spanyol, dan Filipina.

Kehadiran fitur terbaru Twitter ini, memberikan kesempatan kepada pengguna dalam membantu perusahaan memerangi informasi- informasi yang kerap menyesatkan atau berdampak luas.

Baca JugaFitur Baru Twitter Spaces, Pengguna Android dan iOS Bisa Rekam Obrolan

Fitur penandaan cuitan hoaks tersebut, diketahui sudah diuji coba sejak Agustus 2021 silam.

Alasan Twitter menyiapkannya, agar tidak semakin banyak warganet yang termakan informasi- informasi menyesatkan atau hoaks di platformnya.

Disebutkan bahwa pengujian fitur baru aplikasi itu terbilang sukses di Amerika Serikat, Australia, dan Korea Selatan.

Baca JugaIndonesia Peringkat 7 dengan Tweet Terbanyak Bahas Keseruan Game

Sejak diuji coba dan digunakan pengguna Twitter, ada 3 juta laporan dari pengguna yang menandai cuitan-cuitan dengan dugaan hoaks.

Cuitan-cuitan yang ditandai dan terbukti salah, dinilai berdasarkan kebijakan yang dikeluarkan Twitter.

Twitter juga memiliki fitur lainnya bernama “Birdwatch,” di mana pengguna dapat menulis catatan tambahan pada sebuah cuitan menyesatkan, meski berada di situs web yang terpisah.

(amj)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini