Share

Menkominfo Tegaskan Jaringan 5G di Indonesia Tak Ganggu Penerbangan

Intan Rakhmayanti Dewi, Jurnalis · Rabu 19 Januari 2022 19:28 WIB
https: img.okezone.com content 2022 01 19 54 2534764 menkominfo-tegaskan-jaringan-5g-di-indonesia-tak-ganggu-penerbangan-GJmLHuYUiO.jpg Jaringan 5G di Indonesia tak ganggun penerbangan (Foto: Okezone/Intan Rakhmayanti Dewi)

JAKARTA - Menteri Komunikasi dan Informatika (Menkominfo) Johnny G Plate menegaskan, penggelaran jaringan 5G di Indonesia tidak mengganggu keselamatan penerbangan udara.

Di Indonesia, layanan 5G yang digunakan saat ini beroperasi secara komersial oleh 3 operator seluler, menggunakan 2 pita frekuensi seluler eksisting, yaitu pita frekuensi 1800 MHz dan 2,3 GHz.

Berbeda dengan kasus yang ada di Amerika Serikat, di mana konteksnya adalah untuk jaringan 5G yang bekerja pada pita frekuensi 3,7 GHz, tepatnya pada rentang 3,7 – 3,98 GHz.

Baca JugaNFT Kian Populer, Kemenkominfo Awasi Transaksinya

"Sistem yang dikhawatirkan terganggu adalah sistem Radio Altimeter yang bekerja pada pita frekuensi 4,2 – 4,4 GHz," kata Jhonny dalam konferensi pers, Rabu (19/1/2022).

Dia menerangkan, sistem radio altimeter sendiri merupakan sistem keselamatan utama dan penting dalam pengoperasian pesawat udara untuk menentukan posisi ketinggian pesawat.

Menurutnya, informasi yang dimanfaatkan dari penggunaan Radio Altimeter penting dalam mendukung operasi penerbangan terkait keselamatan penerbangan (flight safety) dan fungsi navigasi pada semua pesawat udara.

(amj)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini