Share

Sains dan Alquran, Menjawab Kenapa Uban Bisa Muncul

Ahmad Muhajir, Jurnalis · Kamis 20 Januari 2022 19:12 WIB
https: img.okezone.com content 2022 01 20 56 2535362 sains-dan-alquran-menjawab-kenapa-uban-bisa-muncul-BKPsAW5107.jpg Menjawab kenapa uban bisa muncul (Foto: Freepik)

JAKARTA - Manusia pasti akan menjadi tua jika berumur panjang, dan mengalami perubahan fisik. Kemunculan uban merupakan salah satu tandanya. 

Diolah dari Buku Pintar Sains dalam Alquran, Dr. Nadiyah Thayyarah, munculnya uban di kepala ternyata bukan cuma dipengaruhi oleh usia yang menua.

Emosi jiwa dan rasa takut manusia, disebutkan juga dapat menjadi faktor dari kemunculan rambut berwarna putih tersebut. Hal ini, termuat dalam surat Ar-Rum Ayat 54:

Baca JugaJepang Bikin Masker Ajaib, ketika Terinfeksi COVID-19 akan Bersinar

اللَّهُ الَّذِي خَلَقَكُمْ مِنْ ضَعْفٍ ثُمَّ جَعَلَ مِنْ بَعْدِ ضَعْفٍ قُوَّةً ثُمَّ جَعَلَ مِنْ بَعْدِ قُوَّةٍ ضَعْفًا وَشَيْبَةً ۚ يَخْلُقُ مَا يَشَاءُ ۖ وَهُوَ الْعَلِيمُ الْقَدِيرُ

"Allah, Dialah yang menciptakan kamu dari keadaan lemah, kemudian Dia menjadikan (kamu) sesudah keadaan lemah itu menjadi kuat, kemudian Dia menjadikan (kamu) sesudah kuat itu lemah (kembali) dan beruban. Dia menciptakan apa yang dikehendaki-Nya dan Dialah Yang Maha Mengetahui lagi Maha Kuasa."

Sementara itu, Rasulullah SAW pernah bersabda:

"Surah Hud telah membuatku beruban, demikian pula Surah Al-Waqi'ah, Al-Mursalat, 'Amma Yatasa'alun (an-Naba'), dan Surah Idza Asy-Syamsu Kuwwirat (at-Takwir)." (HR. Tirmidzi).

Baca JugaBeredar Info Fenomena Aphelion Sebabkan Cuaca Sangat Dingin, Ini Penjelasan LAPAN

Ayat di atas mengisyaratkan, tumbuhnya uban di kepala juga dipengaruhi oleh emosi jiwa dan rasa takut.

Dalam tafsir Al-Qurthubi disebutkan, pada Bab An-Nadzir atau tentang uban, tanda-tanda dekatnya ajal dan usia tua seperti melemahnya pandangan, membungkuknya punggung, dan berubannya rambut.

Rasulullah SAW bersabda, beberapa surat Alquran yang disebut di atas, di antaranya Surat Hud telah membuat rambut beliau beruban. Ini akibat tingginya emosi beliau dan besarnya rasa takut yang beliau rasakan ketika membaca surat-surat tersebut.

(amj)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini