Share

Sains dan Alquran, Segudang Manfaat Buah Delima

Ahmad Muhajir, Jurnalis · Jum'at 21 Januari 2022 18:38 WIB
https: img.okezone.com content 2022 01 21 56 2535894 sains-dan-alquran-segudang-manfaat-buah-delima-YraNKmxXJe.jpg Segudang manfaat buah delima (Foto: Healthline)

JAKARTA - Buah delima ternyata termuat di dalam Alquran dan hadist, banyak yang menilai alasanya karena punya segudang manfaat untuk manusia.

Nabi Muhammad SAW pernah bersabda: "Tidak ada kurma yang tidak disirami dengan air surga. Makanlah delima dengan lemaknya karena ia dapat membersihkan perut."

Buah delima juga disebutkan di dalam Alquran surat Ar-Rahman ayat 68, Allah SWT berfirman:

فِيۡهِمَا فَاكِهَةٌ وَّنَخۡلٌ وَّرُمَّانٌ‌ۚ

"Di dalam kedua surga itu ada buah-buahan, kurma dan delima."

Disebutkannya kurma dan delima karena ada perbedaan dengan buah-buahan yang lain, sebab keduanya terdapat pada musim gugur dan musim dingin. Di samping itu, kurma adalah buah-buahan bergizi, dan delima dapat dijadikan obat.

Baca JugaFenomena Langka di Gurun Sahara, Suhu Minus 2 Derajat dan Turun Salju

Menurut buku pintar Sains dalam Alquran, Dr. Nadiah Thayyarah, delima termasuk tumbuhan purbakala yang dikenal sejak lama oleh umat terdahulu, dan mereka sangat mengenal keistimewaan serta manfaatnya.

Bahkan, di masa Firaun Mesir kuno telah memanfaatkan buah ini sebagai obat. Dalam khazanah literatur ke-Islaman terdapat pembahasan yang cukup mendalam tentang buah delima. Ibnu Al-Qayyim menulis;

“Rasa manis buah delima bermanfaat bagi lambung, tenggorokan, dada, dan paru-paru. Delima bermanfaat pada saat batuk, airnya berkhasiat sebagai melancarkan perut, dan asamnya dapat memperbaiki proses pembuangan pada pencernaan. Delima juga dapat memperlancar air seni, mengurangi zat kuning pada hati, mengatasi diare, mencegah muntah, dan memperkuat fungsi organ tubuh.”

(amj)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini