Share

Struktur Tanah Lunak, Jakarta Bisa Rusak Parah Jika Gempa Megathrust 8,7 Terjadi

Ahmad Muhajir, Jurnalis · Senin 24 Januari 2022 13:04 WIB
https: img.okezone.com content 2022 01 24 56 2536837 struktur-tanah-lunak-jakarta-bisa-rusak-parah-jika-gempa-megathrust-m-8-7-terjadi-Lu0ucShXzD.jpg Jakarta bisa rusak parah jika gempa megathrust terjadi (Foto: Express)

JAKARTA - Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) menyampaikan sejumlah hasil pemodelan wilayah yang terdampak gempa megathrust berkekuatan M 8,7 di Selat Sunda jika terjadi. Jakarta salah satu sorotannya. 

Koordinator Bidang Mitigasi Gempa Bumi dan Tsunami BMKG, Daryono mengatakan, berdasarkan pemodelan shakemap, jika gempat tersebut terjadi yang jelas Lampung, Banten, Jawa Barat, dan Jakarta terguncang mencapai 7-8 MMI (destruktif).

"Kerusakan sedang hingga berat, termasuk Jakarta, apalagi tanah Jakarta lunak, kerusakan bisa lebih parah juga,” ujar Daryono dalam Polemik MNC Trijaya FM bertajuk “Waspada Gempa Megathrust dan Bencana Hitrometrologi” secara daring, dkutip Senin (24/1/2022).

Baca JugaDaftar Daerah Indonesia yang Alami Fenomena Matahari Terbenam Lebih Lambat

Kemudian, dia menerangkan modelling tsunami jika gempa besar itu terjadi. Dalam pemodelan tsunami, Selat Sunda, Jabar, Bandar Lampung, bisa mencapai 15-20m, lalu bisa menyusut ke Selat Sunda memutar sampai ke utara Jakarta, tapi hanya 1,5m saja.

“Yang penting bukan saat pasang purnama karena tsunaminya bisa lebih tinggi. Termasuk juga terdampak ke pesisir Sumatera,” terang dia.

Baca JugaSains dan Alquran: Tidur Menyamping ke Kanan ala Nabi Baik untuk Jantung

Adapu BMKG juga membuat pemodelan landakan, sehingga bisa tahu daerah pesisir itu akan terlandak, tingginya berapa, dan mana saja daerah yang aman.

“Ini (mitigasi) diberikan ke putra daerah untuk menjadi acuan mitigasi untuk membuat penataan berbasis mitigasi,” paparnya.

(amj)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini