Share

NFT Solid Berkat Komunitasnya

Tim Okezone, Jurnalis · Senin 24 Januari 2022 09:51 WIB
https: img.okezone.com content 2022 01 24 57 2536712 nft-solid-berkat-komunitasnya-y26yhICQMd.jpeg NFT solid berkat komunitasnya (Foto: Istimewa)

JAKARTA - Perkembangan dunia digital, terus menciptakan produk-produk baru untuk digunakan masyarakat. Update terbaru tentu saja ada di NFT atau Non Fungible Token yang belakangan naik daun karena salah satu penggiatnya di Indonesia Ghozali mendadak viral karena foto-fotonya.

Dikutip dari Podcast Kata Dochi, Ancha MK yang juga merupakan penggiat NFT sejak Juni 2021 menceritakan bagaimana cerita Ghozali bisa terkenal.

“Jadi, beberapa minggu lalu sedang ada agenda Space di Twitter di mana para penggiat NFT biasa berkumpul. Saat itu ada yang mengangkat salah satu karya Ghozali yang berupa kompilasi foto-fotonya. Saat itu juga hadir Ghozali yang langsung menjelaskan latar belakang dari foto-fotonya tersebut.” terang Ancha menceritakan bagaimana awal Ghozali bisa terkenal.

Berawal dari beberapa orang yang mengoleksi foto tersebut, tidak disangka dalam satu hari, foto-foto NFT yang berjumlah 933 tersebut ludes terjual habis. Masing-masing harga fotonya sendiri ialah USD 3 atau sekitar 42 ribu Rupiah.

Ancha menjelaskan bahwa karya Ghozali bisa laku memang karena kreativitas dan konsistensi yang diapresiasi oleh para pengguna NFT.

“NFT memang terbentuk berkat komunitas yang sangat solid, sehingga karya-karya yang mendapat apresiasi memang merupakan karya-karya yang layak”, tambah Ancha.

Dochi sebagai host Podcast juga sempat bertanya mengenai banyak orang yang mendadak ikut NFT sampai mengunggah foto dengan KTP. Melihat hal tersebut Ancha tidak terlalu ambil pusing. Menurutnya, “Saat ini menjadi proses penyaringan, karena memang komunitasnya sudah kuat. Jika memang tidak layak, maka karya tersebut tidak akan laku.”

Dalam Podcast Kata Dochi tersebut, baik Ancha maupun Dochi juga banyak membahas NFT dari hal yang paling dasar seperti apa yang harus dipersiapkan hingga menjelaskan istilah-istilah apa yang harus diketahui jika ingin terjun di NFT. Selengkapnya bisa pembaca dengarkan di Podcast Kata Dochi episode 49 yang dapat didengarkan gratis di AUDIO+ di aplikasi RCTI+.

(amj)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini