Share

Pakar ITB Jelaskan Dampak Terburuk Jika Gempa Sesar Lembang Terjadi di Indonesia

Ahmad Muhajir, Jurnalis · Selasa 25 Januari 2022 17:40 WIB
https: img.okezone.com content 2022 01 25 56 2537647 pakar-itb-jelaskan-dampak-terburuk-jika-gempa-sesar-lembang-terjadi-di-indonesia-v7302Kt0zz.jpg Dampak terburuk jika gempa sesar Lembang terjadi (Foto: BNPB

JAKARTA - Pakar Gempa dari Fakultas dan Teknologi Kebumian Institut Teknik Bandung (ITB), Irwan Meilano mengatakan, jika gempa sesar Lembang terjadi akan berdampak ke sejumlah daerah.

Dirangkum dari channel YouTube-nya, Selasa (25/1/2022), Irwan menerangkan apabila terjadi gempa di sesar Lembang, maka akan mengguncang wilayah Kab. Bandung, Kab. Bandung Barat, Kota Cimahi, Kota Bandung, Majalaya, Ibun, Paseh, dan Pacet.

Baca JugaPenyebab Indonesia Sering Gempa, Tsunami dan Gunung Meletus, Ini Penjelasan Ilmiahnya

"Yang paling terdampak cukup besar itu Kab. Bandung, Lembang, yang berbatasan dengan Maribaya, Subang, dan berbatasan dengan wilayah Sumedang, serta Kota Bandung," kata Irwan, dalam konten yang berjudul "Sesar Lembang dan Ketahanan Terhadap Bencana."

Dia menjelaskan, goncangannya akibat gempa sesar Lembang cukup besar. Perkiraan berdasarkan model saja, beberapa daerah di Kota Bandung akan mengalami kerusakan parah.

Baca JugaStruktur Tanah Lunak, Jakarta Bisa Rusak Parah Jika Gempa Megathrust 8,7 Terjadi

"Kalau gempa di sesar Lembang magnitudo 6, maka di bagian utara yang berbatasan dengan kabupaten Bandung akan mengalami kerusakan paling parah," ujar dia.

Diketahui, sesar Lembang merupakan patahan geser aktif atau sumber potensi gempa daratan yang berada di wilayah Lembang.

Kemungkinan gempa besar terjadi di sesar Lembang, karena adanya aktifitas gunung berapi di sana. Sebab, gunung berapi yang sedang tidur saat ini di Jawa Barat bisa saja aktif kembali.

“Misalnya, mungkin kita tidak pernah menyangka Gunung Sinabung meletus di tahun 2010. Padahal Gunung Sinabung tidak pernah meletus dalam waktu 400 tahun terakhir, tetapi tiba-tiba meletus,” paparnya.

Selain sesar Lembang, sambung Irwan, potensi gempa di Jawa Barat ada sesar Cimandiri , sesar Nyalindung, sesar Cibeber, dan sesar Cimandiri Rajamandala.

Kemudian, di utara sesar Lembang ada sesar Baribis Kendeng yang berbatasan dengan Subang, sesar Baribis Kendeng yang berbatasan dengan Ciremai dan Cirebon.

Sementara itu, menurut Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG), patahan sesar Lembang bisa menyebabkan gempa magnitudo 6,8 -7.

Dijelaskan bahwa sesar Lembang sendiri hingga saat ini masih aktif bergerak dengan kecepatan 3 milimeter per tahun, sehingga menyebabkan gempa kecil. Namun, pergerakan di setiap segmen sesar Lembang berbeda-beda.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini