Share

Peneliti Indonesia Dinilai Tidak Kompetitif, Ini Penjelasan BRIN

Leonardus Selwyn Kangsaputra, Jurnalis · Rabu 26 Januari 2022 18:19 WIB
https: img.okezone.com content 2022 01 26 56 2538288 peneliti-indonesia-dinilai-tidak-kompetitif-ini-penjelasan-brin-ieBFvWzLzm.jpg Peneliti Indonesia dinilai tidak kompetitif (Foto: BRIN)

JAKARTA - Plt Organisasi Riset IPH BRIN, Iman Hidayat menjelaskan bahwa para peneliti Indonesia tidak cukup kompetitif untuk bersaing dengan negara-negara lain.

Hal tersebut, Iman sampaikan dalam acara disksusi Talk to Scientist yang berlangsung di channel YouTube BRIN Indonesia, Rabu (26/1/2022).

Baca JugaDiskusi Zoom BRIN Disusupi Gambar Tak Senonoh dan Logo Nazi, Beredar di YouTube

Dia menjelaskan, kurang kompetitifnya peneliti Indonesia bisa dilihat dari banyak aspek. Terutama dalam perkembangan vaksin Covid-19 selama masa pandemi yang terlihat cukup lambat.

"Salah satu faktor kurang kompetitifnya Indonesia adalah rendahnya Innovation Index (Budaya Inovasi). Jadi, budaya inovasi kita semakin menurun dengan drastis," kata Iman.

Baca Juga5 Teknologi Canggih Masa Depan yang Sebaiknya Tidak Diciptakan

Menurutnya, sebagai individu para peneliti merasa cukup kompetitif untuk bisa bersaing dengan teman-temannya sendiri, yakin dapat menghasilkan hasil riset yang berkualitas, produk inovasi riset yang bagusm, dan bisa direalisasi.

"Tetapi fakta datanya tidak seperti itu. Ini yang menjadi tantangan bagi kita semua. Saya cukup terpukul dan mudah-mudahan fakta ini bisa menjadi pemicu bagi kita semua," ujarnya.

(amj)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini