Share

Teknologi Kamera CCTV Tilang Elektronik, Bisa Kenali Pemilik Kendaraan dari Plat Nomor

Intan Rakhmayanti Dewi, Jurnalis · Rabu 26 Januari 2022 14:22 WIB
https: img.okezone.com content 2022 01 26 57 2538101 teknologi-kamera-cctv-untuk-tilang-elektronik-bisa-kenali-plat-nomor-NZAXcSH3cZ.jpg CCTV tilang elektronik (Foto: Okezone/Heru Haryono)

JAKARTA - Pemerintah memberlakukan tilang elektronik menggunakan teknologi kamera CCTV dalam penegakan hukum di jalan raya. Aturan tilang elektronik ini, dinamai Electronic Traffic Law Enforcement (E-TLE).

Dirangkum dari berbagai sumber, jika penasaran seperti apa CCTV yang digunakan dalam penerapan tilang elektronik, berikut penjelasannya.

Salah satu kamera CCTV yang menyediakan teknologi untuk mendukung tilang elektronik adalah Dahua. Menurut perusahan ada 3 peran CCTV ini sebagai solusi kebutuhan traffic system, yaitu big data, law enforcement, dan speed detection.

Baca Juga: NASA Ungkap Aplikasi untuk Foto Bumi dari Luar Angkasa

Ketiga segmen tersebut, memiliki fungsi dan pasar masing-masing, di mana CCTV-nya sudah dilengkapi oleh kemampuan teknologi Artificial Intelligence (AI).

Misalnya, pengelolaan kota yang membutuhkan manajemen big data, kehadirannya dapat mendorong solusi penerapan kamera CCTV yang mampu melakukan vehicle counting dan vehicle classification.

Melalui fitur itu, Pemerintah Kota bisa menganalisa perilaku pengendara mobil atau motor dari sebuah tangkapan video pada titik area tertentu, seperti di perempatan.

Selanjutnya, dilakukan analisis pola pergerakan lalu lintas sehingga Pemerintah Kota mampu mengambil kebijakan yang tepat atas dasar hasil analisis data yang ada.

Baca Juga: Huawei Siapkan Teknologi Tas Anak Anti Penculikan

Teknologi kamera CCTV ini pun hadir dengan fitur utama, yakni license plate recognition. Teknologi ini dapat mengubah data tangkapan gambar menjadi data huruf dan angka untuk dikenali dan terhubung ke server database pelat kendaraan.

Selain itu, pada bidang speed detection, menggunakan radar detector yang diintegrasikan dengan kamera traffic.

Sehingga, radar speed detector CCTV bisa mengirimkan data tangkapan kendaraan overspeed (melebihi kecepatan) pada ruang pusat komando untuk ditindaklanjuti. Teknologi ini, cocok diterapkan pada area jalan tol.

Di samping teknologi untuk pasar traffic system, adapun teknologi serta fitur-fitur AI lainnya yang merupakan fitur mendasar dari sebuah CCTV, yaitu fitur people counting, metadata, thermal, explosion proof pada kamera CCTV indoor hingga CCTV outdoor.

(amj)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini