Share

Cara Hasilkan Foto Portrait dari Ponsel Layaknya Kamera Profesional

Antara, Jurnalis · Rabu 26 Januari 2022 14:36 WIB
https: img.okezone.com content 2022 01 26 57 2538110 cara-hasilkan-foto-portrait-dari-ponsel-layaknya-kamera-profesional-boPO4VzcTi.jpg Cara hasilkan foto potrait ciamik dari ponsel (Foto: Repairest)

JAKARTA - Perkembangan teknologi sekarang ini, mampu melahirkan kamera pada ponsel pintar menghasilkan foto yang tidak kalah jernih dengan kamera profesional.

Dikutip dari keterangan pers Oppo, Rabu (26/1/2022), kini tidak sulit untuk menghasilkan foto portrait (swafoto) yang ciamik hanya dengan smartphone.

Baca Juga: Huruf di Bio Profil Instagram Bisa Diubah, Begini Caranya

Berikut cara menghasilkan foto portrait dari ponsel layaknya memakai kamera profesional

Sebarkan Sumber Cahaya

Hal pertama yang perlu diperhatikan, sebarkan sumber pencahayaan agar terkesan lebih lembut. Cahaya alami yang lembut dan tersebar dari sumber tidak langsung adalah yang terbaik untuk menghasilkan foto portrait.

Baca Juga: 5 Ponsel dengan Kamera Terbaik 2022

Sebaliknya, cahaya langsung yang keras atau sinar matahari penuh dapat menimbulkan bayangan gelap yang tidak diinginkan atau menciptakan warna kulit yang tidak alami.

Jika menggunakan cahaya tambahan seperti lampu sorot ataun LED, sebaiknya pasang bagian depannya dengan diffuser seperti soft box atau lembaran putih untuk membantu melembutkan cahaya dan menghasilkan efek yang lebih bagus.

Cari Posisi Berbeda

Carilah posisi pengambilan gambar dengan arah yang berbeda- beda. Bawalah perspektif baru ke foto dengan melanggar aturan sepertiga dan memotret pada sudut yang tidak tersusun begitu rapi, atau bahkan setinggi mata subjek.

Cobalah mengambil bidikan pada sudut dan jarak yang berbeda di sekitar model foto, semisal dari arah samping atau atas bahkan dengan cara candid untuk mengetahui sudut portrait terbaik.

Jangan Takut Bermain dengan Komposisi

Andai memotret objek dengan kamera belakang ponsel, maka bisa bermain komposisi menarik untuk menghasilkan foto portrait yang estetis.

Contohnya, bisa memotret melalui objek transparan agar dapat menghasilkan pola atau pantulan yang unik, sedangkan memotret melalui sesuatu seperti pagar dapat memberikan pembingkaian yang menarik di sekitar subjek.

Selain itu, bisa juga menangkap subjek melalui jendela toko atau di antara cabang untuk komposisi yang lebih dinamis.

Edit Foto

Supaya hasil ciamik lebih sempurna, bisa melakukan pengeditan foto dengan banyak penyesuaian, misalnya mencerahkan bagian bayangan yang mengganggu, memotong bagian yang terlihat kurang pas, hingga menyesuaikan latar belakang gambar.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini