Share

5 Teknologi Kuno yang Bikin Ilmuwan Melongo

Intan Rakhmayanti Dewi, Jurnalis · Kamis 27 Januari 2022 10:28 WIB
https: img.okezone.com content 2022 01 27 56 2538523 5-teknologi-kuno-yang-bikin-ilmuwan-melongo-EN6gMBehpM.jpg Teknologi kuno yang bikin ilmuwan melongo (Foto: Fossbytes)

JAKARTA - Teknologi modern saat ini, sudah mengalami kemajuan pesat dibandingkan teknologi zaman dulu. Namun, para ahli teknik zaman dulu tetap mampu menciptakan penemuan "ajaib".

Bahkan, beberapa penemuan berhasil membuat ilmuwan modern bingung dan heran akan teknologi apa yang mereka gunakan untuk membuat benda-benda yang ditemukan.

Berikut ini, 5 teknologi kuno yang bikin para ilmuwan melongo dengan keberadaannya, dikutip dari kanal YouTube Sisi Terang, Kamis (27/1/2022).

1. Api Yunani 

Ini adalah senjata yang wajib pada abad ke 7. Api yunani ditembakan dari benda yang hanya bisa digambarkan sebagai penyembur api kuno.

Mereka kebanyakannya menggunakannya di kapal, dan api itu dapat menghancurkan apapun targetnya. Konon musuh bahkan tidak bisa memadamkannya dengan air atau pasir, ajaibnya air malah membuatnya menjadi lebih besar.

Para ilmuwan yakin api itu dibuat dengan bahan campuran yang sering kita dengar di kelas kimia, seperti nafta, kapur tohor, sulfur dan resin pinus.

Para ahli masih memperdebatkan apa sebenarnya zat yang tergandung dari api cair yang tidak terhentikan ini.


2. Mekanisme Antikythera

Komputer pada masa Yunani Kuno tidak akan mirip dengan komputer zaman ini, tetapi masih sangat kompleks jika diamati lebih lanjut.

Mekanisme komputer masa Yunani Kuno terbilang unik, dibuat dari 37 gigi perunggu, bentuknya hampir menyerupai jam yang sangat rumit.

Benda tersebut, kemungkinan digunakan untuk penghitung astronomis, meterologis dan kartografi.

Mekanisme ini, mampu memperhitungkan gerakan benda angkasa, menentukan tanggal 42 peristiwa astronomi, termasuk gerhana matahari, dan mengukur kekuatan angin di laut, bahkan gerakan bulan mengelilingi bumi. 

3. Seismoskop Zhang Heng

Pada tahun 132 masehi, ilmuwan asal China, Zhang Heng, memperkenalkan seismokop pertama yang bisa memprediksi gempa dengan keakuratan seperto peralatan modern.

Benda ini, dibuat dari perunggu yang berbentuk vas terbalik, berhiaskan ukiran naga dan katak di semua sisinya. Namun, semua itu bukan sekadar hiasan.

Di dalam bejana, terdapat pendulum yang akan bergerak saat terjadi gempa, meski itu terjadi ratusan kilometer jauhnya.

Nantinya, membuat salah satu bola perunggu jatuh dari mulut naga dan masuk ke mulut katak yang berada di bawahnya, lalu menghasilkan suara kencang.

4. Baterai Bagdad

Benda yang tampaknya baterai pertama ini, ditemukan di Baghdad pada tahun 1936 dan diyakini berasal dari abad ke-2 periode Pathria 247 SM - 224 M. Baterai itu, berbentuk guci tanah liat oval dengan tinggi 13 cm.

Entah bagaimana benda ini menghantarkan arus listrik di masa 2000 tahun sebelum Alessandro volta memperkenalkan pada dunia baterai modern versi pertama.

5. Kapal Batu Masuda

Bangunan mirip kapal yang terbuat dari batu, benda ini dianggap tidak mampu mengapung dengan baik di atas air.

Banyak yang ragu, batu granit seberat 800 ton, lebih besar dari ukuran bus, dipahat dengan bentuk kapal ini digunakan untuk berlayar.

Benda ini, berada di bukit dengan 2 lubang kotak besar di bagian atasnya. Batu ini, berasal dari 250-550 M. Tetapi, siapa yang membuatnya dan alasan apa dibuatnya masih menjadi misteri.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini