Share

Cara Membuat Penjernih Air yang Tak Bikin Kantong Bolong

Ahmad Muhajir, Jurnalis · Jum'at 28 Januari 2022 10:53 WIB
https: img.okezone.com content 2022 01 28 56 2539161 cara-membuat-penjernih-air-yang-tak-bikin-kantong-bolong-8toI53TJLJ.jpg Cara bikin penjernih air dengan tangan sendiri (Foto: Sunrise Specialty)

JAKARTA - Alat penjernih (water filter) air dengan teknologi canggih tentu dapat menguras kocek di dalam dompet, namun sebenernya bisa dibuat dengan tangan sendiri tanpa bikin kantong bolong. 

Diolah dari YouTube Dinot Azam, Jumat (28/1/2022), jika sumber air di tempal tinggal sendiri terbilang keruh, tentu perlu dijernihkan terlebih dahulu agar tidak membawa penyakit ke dalam tubuh.

Mengingat harga water filter cukup mahal, sebenarnya ada cara mudah dan murah supaya dapat menjernihkan air keruh sehingga bisa dikonsumsi dengan aman.

Bahan-bahan yang diperlukan pun ada di sekitaran, seperti cutter, gelas bening, dan botol air mineral ukuran 1.5 liter, serta bahan-bahan seperti Zeolit, arang aktif, kapas, dan ijuk.

Cara membuatnya cukup gampang, setelah semua alat dan bahan dicuci bersih, potong bagian dasar botol. Lalu, masukkan bahan seperti kapas, ijuk, arang aktif, dan zeolit dengan perbandingan 1:2:2:7 disusun secara bertahap.

Pertama-tama, masukkan kapas, ijuk, dan masukkan kapas lagi. Selanjutnya, masukkan arang aktif, lalu masukkan kapas lagi. Setelah itu, berikan Zeolit di atasnya dan ditutup dengan kapas.

Ulangi tahapan tersebut hingga botol kosong tersebut terisi dari bahan-bahan yang sudah disiapkan sebelumnya.

Setelah botol terisi penuh, lakukan percobaan dengan menuangkan air keruh ke dalam alat penyaringan sederhana itu, dan lihat hasilnya. Air tersebut tampak jernih.

(amj)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini