Share

Takjub, Ilmuwan Berhasil Tumbuhkan Kaki Katak yang Sudah Terpotong

Ahmad Muhajir, Jurnalis · Jum'at 28 Januari 2022 17:54 WIB
https: img.okezone.com content 2022 01 28 56 2539462 takjub-ilmuwan-berhasil-tumbuhkan-kaki-katak-yang-sudah-terpotong-uQ6RgOzR71.jpg Ilmuwan berhasil meregenerasi kaki katak yang terpotong (Foto: MinnPost)

JAKARTA - Kini para ilmuwan telah berhasil menumbuhkan kembali kaki katak yang terpotong, hal ini menunjukkan pengobatan regenerasi anggota tubuh selangkah lebih dekat untuk menjadi kenyataan.

Dikutip dari Studyfinds, Jumat (28/1/2022), tindakan ini dilakukan oleh para peneliti dari Tufts University. Mereka mengatakan, katak seperti manusia, secara harfiah tidak bisa meregenerasi anggota tubuhnya.

Namun, para ilmuwan menggunakan obat khusus ke katak dan hanya dalam kurun waktu 24 jam dapat memicu proses regenerasi kakinya, diprediksi akan tumbuh sempurna selama 18 bulan kedepan.

Bagi jutaan pasien yang kehilangan anggota tubuhnya karena berbagai alasan, mulai dari diabetes hingga kecelakaan, mungkin berpikir regenerasi tubuh yang terpotong hal mustahil.

Kendati demikian, terobosan yang telah dimuat dalam jurnal Science Advances ini, dapat memberikan mereka harapan baru untuk memulihkan anggota tubuhnya.

"Sangat menarik untuk melihat bahwa obat yang kami buat membantu meregenerasi anggota tubuh (katak) dan hampir sempurna," kata Penulis Utama studi, Dr. Nirosha Murugan dalam keterangan resminya.

Menurutnya, fakta obat yang ditemukan masih membutuhkan waktu yang cukup lama untuk menuntaskan regenerasi kaki katak, tetapi capaian ini dianggap dapat memicu kemampuan regenerasi pada hewan lain di masa mendatang.

(amj)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini