Share

Bahaya Malware FluBot Android, Jangan Asal Klik Link Pesan Masuk

Ahmad Muhajir, Jurnalis · Jum'at 28 Januari 2022 13:35 WIB
https: img.okezone.com content 2022 01 28 57 2539251 bahaya-malware-flubot-android-jangan-asal-klik-link-pesan-masuk-9wYX0IwNib.jpg Bahaya malware FluBot di Android (Foto: EFTM)

JAKARTA - Malware FluBot bisa menginfeksi ponsel berbasis Android, kerap digunakan untuk penipuan melalui pesan teks, tujuannya agar bisa menyusup ke perangkat yang digunakan targetnya.

Diolah dari BBC News, Jumat (28/1/2022), wabah malware FluBot yang menyasar pengguna Android sempat tersebar luas pada April 2021 lalu di Inggris.

Modusnya, mengirimkan pesan dengan dalih dari perusahaan pengiriman paket, pelaku pun meminta pengguna untuk menginstal aplikasi pelacakan, tetapi sebenarnya itu adalah spyware yang berbahaya.

FluBot ini, disebutkan dapat mengambil alih perangkat dan memata-matai ponsel tagertnya untuk mengumpulkan data sensitif, termasuk detail perbankan online.

Malware ini, memiliki kemampuan untuk mengirim lebih banyak pesan teks ke kontak pengguna yang terinfeksi, membantunya untuk menyebar secara massif.

Risiko yang lebih luas bagi pengguna adalah hilangnya data pribadi yang sangat sensitif dari ponsel mereka.

Jika seorang pengguna ponsel Android mengklik link tersebut, mereka akan dibawa ke halaman yang "menjelaskan" cara menginstal aplikasi pelacakan paket menggunakan file APK.

Secara default, aplikasi semacam itu akan diblokir untuk alasan keamanan, tetapi halaman scam menyertakan instruksi tentang cara mengizinkan penginstalan.

(amj)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini