Share

YouTube Shorts Makin Populer, Tembus 5 Triliun Penayangan

Intan Rakhmayanti Dewi, Jurnalis · Jum'at 28 Januari 2022 15:30 WIB
https: img.okezone.com content 2022 01 28 57 2539357 youtube-shorts-makin-populer-tembus-5-triliun-penayangan-pfwKNALHzc.jpg YouTube Shorts tembus 5 triliun penayangan (Foto: Outofhe925)

JAKARTA - Youtube Shorts memulai debutnya sekitar satu setengah tahun yang lalu. Namun, rupanya platform yang menggunakan gaya ala TikTok ini sudah semakin populer.

Dikutip dari Android Central, Jumat (28/1/2022), sejak pertama kali dirilis, sekarang Youtube Shorts telah mengumpulkan lebih dari 5 triliun penayangan, baik di Android maupun PC.

Melalui blog resminya, CEO YouTube Susan Wojicicki mengungkap tonggak baru untuk Shorts. Dia menerangkan apa yang akan menjadi fokus perusahaan kedepannya.

Tahun ini, layanan berbagi video milik Google itu berencana mengeksplorasi metode baru membantu pembuat konten menghasilkan uang dengan konten mereka.

Wojcicki mengatakan, YouTube akan membantu pembuat Shorts membangun konten bersponsor dengan mencocokkannya dengan merek tertentu melalui program yang disebut BrandConnect.

Dalam pengumuman itu, disebutkan dana 100 juta dolar AS disiapkan YouTube untuk pembuat Shorts. Sekarang, paltform ini tersedia di lebih dari 100 negara.

Pada bulan Agustus 2021 lalu, YouTube mulai membayar pembuat konten antara USD100 dan USD10 ribu per bulan berdasarkan penayangan dan keterlibatan mereka di platform video pendek tersebut.

YouTube juga ingin memasukkan fitur belanja ke dalam Shorts dengan mengandalkan program yang sudah ada, di mana penonton bisa menelusuri dan berbelanja produk unggulan yang muncul di samping video.

Selain itu, layanan ini akan memperluas fitur remixnya yang memungkinkan membuat Shorts menggunakan audio dari video YouTube.

Di luar metode tersebut, YouTube sedang mengincar perluasan opsi monetisasi untuk pembuat konten, termasuk penggunaan Non-Fungible Token (NFT).

(amj)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini