Share

TikTok Buka Kesempatan Bagi Penggunanya untuk Jadi Musisi Profesional

Ahmad Muhajir, Jurnalis · Sabtu 29 Januari 2022 08:02 WIB
https: img.okezone.com content 2022 01 28 57 2539506 tiktok-buka-kesempatan-bagi-penggunanya-untuk-jadi-musisi-profesional-U2L0gPehX8.jpg TikTok buka kesempatan untuk penggunanya untuk jadi musisi (Foto: Engadget)

JAKARTA - TikTok membuka kesempatan bagi penggunanya untuk menjadi musisi profesional. Aplikasi berbagi video singkat asal China ini, mendukung para konten kreator musisinya untuk melakukan debut.

Dikutip dari keterangan resminya, Jumat (28/1/2022), Head of Operations TikTok SEA Angga Anugrah Putra mengatakan, musik merupakan bagian integral di TikTok.

"Di mana setiap harinya, sebanyak lebih dari 1 miliar pengguna TikTok di seluruh dunia menemukan sound dan genre baru yang membantu para musisi membangun fan base dan mencapai kesuksesan," kata Angga.

Di satu sisi, TikTok telah menjadi platform untuk menemukan musik, memudahkan pengguna untuk mendengar lagu baru untuk pertama kalinya.

"Di lain sisi, bagi kreator musik berbakat seperti Jennifer Coppen, platform kami juga menjadi launchpad untuk mendukung para musisi baru menunjukkan karya mereka serta menjangkau lebih banyak penggemar," ujar Angga.

Berdasarkan TikTok Music Report 2021, terdapat sekitar 430 lagu dengan lebih dari 1 miliar views sebagai sound di TikTok pada 2021, angka meningkat tiga kali lipat dibanding 2020.

Lagu-lagu yang paling banyak digunakan oleh pengguna bahkan bisa mencapai 20 miliar views. Lebih dari 175 lagu yang trending di TikTok juga berhasil masuk ke Billboard Hot 100.

Peran penting musik atau sound dalam video TikTok ini membuktikan bahwa TikTok terus menjadi kekuatan dominan dalam industri musik.

Hal itu menunjukkan TikTok dapat menjadi peluang yang menjanjikan sebagai platform untuk seorang musisi berkarir secara profesional dan mengenalkan karyanya kepada khalayak luas.

(amj)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini