Share

WhatsApp Punya Fitur untuk Lindungi Data Pribadi, Apa Saja?

Ahmad Muhajir, Jurnalis · Sabtu 29 Januari 2022 16:51 WIB
https: img.okezone.com content 2022 01 29 54 2539799 whatsapp-punya-fitur-untuk-lindungi-data-pribadi-apa-saja-Xd0FOYx1Z9.jpg WhatsApp punya fitur untuk lindungi data pribadi (Foto: MessengerPeople)

JAKARTA - WhatsApp merupakan salah satu aplikasi yang paling banyak digunakan di seluruh dunia, perusahaan pun mengaku berkomitmen untuk menjaga data pribadi para penggunanya.

Dirangkum dari keterangan resminya, demi menjaga data pribadi penggunanya, WhatsApp telah menyediakan beberapa fitur keamanan agar data-data pengguna tidak mudah dibobol.

Berikut fitur-fitur WhatsApp yang berfungsi untuk melindungi data pribadi para penggunanya.

Verifikasi Dua Langkah

Fitur ini, memberikan keamanan tambahan yang mengharuskan penggunanya untuk memasukkan PIN 6 digit ketika mengatur ulang dan memverifikasi akun WhatsApp.

Verifikasi Dua Langkah, membantu untuk mencegah orang lain mengakses akun WhatsApp apabila kartu SIM dicuri atau nomor ponsel rusak.

Guna mengakses fitur Verifikasi Dua Langkah, pengguna bisa menemukannya di tab ‘Akun’ dalam pengaturan WhatsApp.

Privasi Profil

Pada dasarnya, pengguna memiliki kewenangan untuk mengontrol informasi apa saja yang dapat dibagikan dengan orang lain dalam profil pribadinya di WhatsApp.

Aplikasi ini, memungkinkan pengguna memutuskan dengan siapa ingin membagikan informasi profilnya, apakah itu semua orang, daftar kontak saja, atau tidak ke siapapun.

Pengguna dapat membatasi fitur Terakhir Dilihat (Last Seen), Foto Profil, Tentang (About), dan Status dalam pengaturan privasi di WhatsApp.

Pengaturan Privasi Grup

Fitur Pengaturan Privasi Grup yang memungkinkan pengguna untuk mengontrol siapa saja yang dapat menambahkannya ke dalam grup WhatsApp.

Artinya, lewat fitur ini pengguna dapat memilih obrolan dari grup mana yang diinginkan untuk menjadi bagian keseharian.

Jika ingin mengaktifkannya, buka Setelan/Pengaturan dalam aplikasi, lalu ketuk Akun > Privasi > Grup dan pilih salah satu dari ketiga opsi berikut: “Kontak Saya Kecuali”, “Kontak Saya”, atau “Semua Orang”.

Opsi "Kontak saya" berarti hanya pengguna yang tercantum di daftar kontak yang dapat menambahkan Anda ke grup, sedangkan opsi "Kontak saya, kecuali..." memberikan kendali tambahan kepada Anda untuk menentukan siapa di antara kontak Anda yang dapat menambahkan Anda ke grup.

Kunci WhatsApp dengan Touch ID atau Face ID

Terakhir, WhatsApp menawarkan penggunanya memeroleh lapisan keamanan tambahan terhadap akunnya dengan Touch ID dan Face ID untuk iPhone, dan Sidik Jari untuk Android.

Layaknya aplikasi perbankan, pengguna bisa memilih untuk secara otomatis mengunci WhatsApp begitu keluar dari aplikasi, atau setelah beberapa lama tidak aktif.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini