Share

Kertas Tak Selemah yang Diperkirakan, Sains Membuktikan Benda Ini Bahkan Mampu Memotong Besi

Ahmad Muhajir, Jurnalis · Sabtu 29 Januari 2022 12:58 WIB
https: img.okezone.com content 2022 01 29 56 2539728 kertas-tak-selemah-yang-diperkirakan-sains-membuktikan-benda-ini-bahkan-mampu-memotong-besi-WiVIh1q0fR.jpg Sains membuktikan kertas mampu memotong besi (Foto: Makezine)

JAKARTA - Kertas kerap dianggap sebagai benda yang lemah, biasanya saat seseorang ingin memotong kayu atau besi akan memakai gergaji atau alat khusus lainnya.

Disadur dari Business Insider, Sabtu (29/1/2022), kini Sains telah membuktikan bahwa kertas tidak serapuh yang diperkirakan, benda ini mampu memotong kayu, bahkan besi sekalipun.

Bagaimana hal itu bisa terjadi? Sebuah video pada laman Business Insider menunjukkan, kertas normal berukuran A4 benar-benar mampu memotong sebuah kayu sampai besi.

Kertas itu, dipotong menjadi bentuk lingkaran, kemudian dipasangkan pada pemintal. Lewat pemintal tersebut, kertas bisa berputar dengan cepat sehingga menghasilkan kekuatan.

Putaran itulah yang bikin kertas menjadi kaku sehingga mampu memotong berbagai benda keras seperti kayu hingga besi. Artinya, faktor kecepatan telah memberikan kekuatan pada kertas.

Dalam video tersebut, diperlihatkan bagaimana kertas juga bisa memotong kaca. Tidak hanya itu, kertas juga mampu untuk memotong benda berbahan plastik.

Jika kertas tadi berhenti berputar, secara otomatis kertas akan lemas kembali sehingga tidak bisa memotong berbagai benda tadi. Hal itu, disebabkan karena berkurangnya kekuatan yang dimiliki kertas seiring dengan lemahnya kecepatan putarannya.

(amj)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini