Share

Bagaimana Cara Membuat Chatbot dengan Mudah?

Destriana Indria Pamungkas, Jurnalis · Rabu 02 Februari 2022 18:41 WIB
https: img.okezone.com content 2022 02 02 54 2541506 bagaimana-cara-membuat-chatbot-dengan-mudah-XE1P7EVdWq.jpg Cara membuat chatbot dengan mudah (Foto: Chatbot Magazine)

JAKARTA - Cara membuat Chatbot memang tidak mudah karena memerlukan coding menggunakan bahasa pemprograman python atau java. Oleh karena itu, bagi orang awam akan sangat kesulitan dan harus mempekerjakan ahli untuk membuatnya.

Chatbot merupakan program berbasis artificial intelegent (AI) atau kecerdasan buatan yang menjadi jembatan antara pelanggan dan penyedia jasa atau bisnis dalam berkomunikasi. Bagi pemilik bisnis online tentu sangat terbantu dengan adanya chatbot.

Dilansir dari berbagai sumber, Okezone akan memberikan alternatif membuat chatbot yang mudah dan tanpa coding, yaitu menggunakan Dialogflow dan Actions on Google . Berikut caranya:

Cara membuat chatbot menggunakan Actions on Google dan DialogFlow

1. Pastikan device Anda sudah terkoneksi pada internet lalu buka browser Anda dan masuk ke situs Actions on Google,

2. Selanjutnya, Anda akan menemukan opsi “New Project”. Tuliskan nama projek yang Anda inginkan lalu pilih “custom” - “conversation components” - “start” dan jangan lupa klik “build your Action using DialogFlow”,

3. Selanjutnya adalah membuat Action dan Intent. Anda akan diarahkan menuju halaman baru untuk menentukan nama agent/chatbot yang Anda inginkan,

4. Pengaturan Action dan Intent dapat disesuaikan dengan kebutuhan dan keinginan Anda. Jika sudah jangan lupa klik “save”,

5. Berikutnya adalah melakukan tes komponen yang telah dimasukkan dengan cara klik menu “integrations” - “google assistant” - inegration settings”. Anda akan disuguhkan tab chatbot yang sudah dibuat,

6. Untuk menyempurnakan tampilan chatbot, Anda dapat menggunakan DialogFlow. Kembali ke halaman sebelumnya dan menyeseuaikan Intent dan Actions agar respon pada chatbot anda semakin sempurna.

7. Tes kembali dan pastikan tidak ada kesalahan.

Demikian alternatif bagaimana cara membuat chatbot dengan mudah menggunakan Actions on Google dan DialogFlow. Semoga bermanfaat.

Follow Berita Okezone di Google News

(amj)

Konten di bawah ini disajikan oleh Advertiser. Jurnalis Okezone.com tidak terlibat dalam materi konten ini.

Berita Terkait

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini