Share

Ini Proses Pembuatan Software untuk Pemula

Asthesia Dhea Cantika, Jurnalis · Rabu 02 Februari 2022 19:14 WIB
https: img.okezone.com content 2022 02 02 57 2541521 ini-proses-pembuatan-software-untuk-pemula-1vGGbN5VfA.jpg Proses pembuatan software untuk pemula (Foto: Unsplash)

JAKARTA - Software merupakan perangkat lunak yang umum ada pada komputer guna membantu suatu pekerjaan. Dari masa ke masa perkembangan software begitu cepat mengikuti perkembangan teknologi yang ada.

Program-program software yang dibuat terus dikembangkan dan disesuaikan dengan kebutuhan pengguna komputer. Tidak jarang membuat beberapa orang tertarik untuk mempelajari proses pembuatan software itu sendiri.

Untuk mempermudahnya, Okezone telah merangkum proses pembuatan software bagi pemula. Lebih jelasnya, berikut cara dan tahapan pembuatan software yang perlu diketahui:

Tentukan Ide Kreatif 

Menentukan dan menyiapkan ide kreatif sangat dibutuhkan bagi pemula sebelum membuat software. Pikirkan ide-ide kreatif yang dapat dituangkan untuk menjadi software.

Carilah ide yang memiliki daya guna dan keunggulan yang berbeda dan tidak dimiliki oleh software lainnya. Hal ini dapat menjadi daya tarik tersendiri bagi orang yang ingin menginstal atau menggunakan software buatanmu.

Selain itu, yang paling penting adalah memikirkan proses pembuatannya. Proses tersebut berhubungan pemilihan cara pembuatan dan waktu pengerjaan. Sehingga perlu ada rancangan yang matang sebelum mengeksekusi ide-ide kreatifmu.

Lihat Program Sejenis

Setelah menentukan ide dan perencanaan proses pembuatan software, tahapan selanjutnya yang perlu kamu lakukan adalah melihat program sejenis.

Hal ini penting lantaran dengan melihat program sejenis kamu bisa tahu kelebihan dan kekurangan dari software lain yang tentunya akan membantu menyempurnakan software yang akan kamu buat.

Desain Program

Desain program menjadi tahapan selanjutnya yang perlu dipertimbangkan. Desain program harus memuat keseluruhan fitur dan tampilan yang ingin kamu buat dalam software. Mulai dari menu hingga tampilan software harus digambarkan dengan jelas.

Hal itu lantaran desain ini akan menjadi acuan dalam membuat program, sehingga kamu dapat fokus membuat software sesuai rencana.

Pelajari Bahasa Pemograman

Pengembangan perangkat lunak memang tidak mudah dilakukan. Penguasaan tentang bahasa pemrograman penting dilakukan sebelum memulai membuat software.

Karena dalam pembuatan software menggunakan codsing atau pengkodean. Adapun beberapa Bahasa pemograman, antara lain: Java Script, C++, dan Phyton.

Selain bahasa pemrograman, penting bagimu untuk mengetahui beberapa tools atau peralatan yang diperlukan dalam membuat perangkat lunak. Misalnya adalah compiler atau interpreter.

Dalam membuat perangkat lunak, tentu berbagai tahapan pembuatan software perlu diikuti dengan baik. Selain itu penting bagi Pins untuk mempelajari hal-hal dasar bagaimana proses pembuatan perangkat lunak dengan berselancar di internet, mengikuti kursus atau bahkan bertanya kepada kerabat yang memiliki keahlian membuat software.

Demikian informasi tentang bagaimana proses pembuatan software. Semoga ulasan di atas dapat membantu kamu dalam membuat software yang diinginkan.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini