Share

Ini Proses Perkembangan Komputer dari Masa ke Masa

Asthesia Dhea Cantika, Jurnalis · Kamis 03 Februari 2022 06:01 WIB
https: img.okezone.com content 2022 02 02 57 2541528 ini-proses-perkembangan-komputer-dari-masa-ke-masa-oh5dRY4oYu.jpg Proses perkembangan komputer dari masa ke masa (Foto: Flickr/Marcos Torres)

JAKARTA - Perkembangan komputer memang tidak ada habisnya. Dari masa ke masa banyak sekali teknologi komputer yang terus berevolusi. Bahkan, di era digital saat ini mayoritas bidang pekerjaan menggunakan komputer sebagai alat penunjangnya.

Terlebih lagi, pandemi ini yang mengharuskan semua aktivitas bertransformasi dari offline menjadi serba online. Komputer yang awalnya sebagai penunjang pekerjaan, kini menjadi kebutuhan wajib yang tidak bisa tergantikan.

Sebelum dilengkapi oleh fitur serba canggih seperti saat ini, dirangkum dari berbagai sumber, perkembangan komputer diawali dari sebuah inovasi sederhana yang lahir di tahun 1800-an.

Komputer Pertama

Pada 1822 Charles Babbage seorang ahli matematika asal Inggris menemukan komputer untuk pertama kali. Bermula, saat Babbage ingin menciptakan sebuah mesin hitung bertenaga uap yang dapat menghitung tabel angka.

Mesin tersebut diberi nama "Difference Engine 0" dan digadang-gadang sebagai komputer pertama di dunia. Bentuk mesin itu sangat jauh berbeda dari kebanyakan model komputer modern saat ini.

Walau begitu, prinsip kerja yang dimiliki mesin tersebut sama seperti komputer modern. Yakni, mampu melakukan penghitungan angka alias komputasi.

Sampai di tahun 1890, Herman Hollerith merancang sebuah sistem kartu yang mampu menghitung hasil sensus Amerika Serikat (AS) dan dilakukan pada 1880.

Berkat inovasi tersebut, Hollerith berhasil menghemat anggaran pemerintah sebanyak 5 juta dollar AS. Selanjutnya, Hollerith terus mengembangkan potensinya di ranah teknologi hingga akhirnya sukses mendirikan International Business Machines Corporation (IBM).

Komputer Digital

Komputer digital dicetus pertama kali pada tahun 1930 oleh Alan Turing. Peneliti matematika tersebut sukses mengembangkan mesin yang dapat menjalankan sekumpulan perintah.

Mesin tersebut diberi nama mesin Turing (Turing Machine), yang menggagas sebuah simulasi dengan nama uji Turing.

Kemudian Konrad Zuse, seorang insinyur mesin asal Jerman mulai mengembangkannya dengan nama Z1 yang dapat diprogram.

Meskipun model awal komputer tersebut dihancurkan saat Perang Dunia II, Zuse digadang sebagai pencipta komputer digital pertama.

Pada tahun 1943, selama perang dunia kedua berlangsung, John Mauchly berhasil menciptakan mesin bernama Electronic Numerical Integrator and Calculator (ENIAC). Awalnya ENIAC diciptakan untuk membantu Angkatan Darat dalam memprediksi serangan.

Follow Berita Okezone di Google News

Komputer Pribadi

1970 menjadi era baru dengan lahirnya komputer pribadi. Hal itu ditandai munculnya Xerox Alto, sebuah komputer pribadi yang dapat menjalankan perintah seperti mengirimkan e-mail dan mencetak dokumen.

Satu hal yang paling beda, desain Xerox Alto menyerupai komputer modern dengan dilengkapi mouse, keyboard, serta layar.

Di tahun yang sama, beberapa penemuan besar turut terjadi, di antaranya seperti diciptakannya disket, ethernet, serta chip Dynamic Access Memory (DRAM).

Kemudian, IBM menyempurnakan desain komputer pribadi lewat perangkat bernama Acorn. Kelebihannya, komputer ini sudah dilengkapi dengan chip Intel, dua slot disket, keyboard, serta layar monitor yang berwarna.

Berbagai penemuan lain kemudian ditemukan pada 1983. CD-ROM resmi hadir sebagai alat penyimpanan yang mampu menampung data hingga 550 MB.

Komputer era 2000-an

Memasuki abad ke-21, perkembangan perangkat komputer semakin pesat, seiring dengan perkembangan teknologi.

Penggunaan media penyimpanan mulai beralih dengan penyimpanan portable seperti USB drive.

Sementara itu, brand kenamaan seperti Apple semakin gencar menelurkan inovasi terbaru lewat sistem operasi bernama Mac OS X.

Begitu pun dengan Microsoft sebagai kompetitor juga meluncurkan sistem operasi yang lebih modern, Windows XP.

Internet of Things

Semakin canggih, kelahiran Internet of Things (IoT) pada tahun 2011 ditandai adanya oleh Nest Learning Thermostat. Kemudian, berbagai produk IoT lainnya semakin menjamur di pasaran.

Seperti Apple Watch yang hadir pada 2015. Dan untuk pertama kalinya, Apple turut mengumumkan iPadOS, sebuah sistem operasi yang dikhususkan untuk iPad.

Begitulah perkembangan komputer dari masa ke masa. Semoga bermanfaat.

1
2

Berita Terkait

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini