Share

Mengapa Bulan Februari Hanya 28 Hari, Ini Penjelasan Secara Sains

Ahmad Muhajir, Jurnalis · Jum'at 04 Februari 2022 14:40 WIB
https: img.okezone.com content 2022 02 04 56 2542387 mengapa-bulan-februari-hanya-28-hari-ini-penjelasan-secara-sains-cKRhMfLy4v.jpg Mengapa Februari hanya 28 hari dalam penjelasan sains (Foto: Shutterstock)

JAKARTA - Februari biasanya cuma punya 28 hari, namun ketika masuk tahun kabisat yang terjadi setiap 4 tahunan, bulan ini menjadi 29 hari.

Diolah dari Express, Jumat (4/2/2022), keberadaan tahun kabisat dilatar belakangi oleh Bumi yang membutuhkan 365 hari - 5 jam - 48 menit - 45 detik untuk mengorbit Matahari.

Berbdasarkan kalender Gregorian, dunia hanya memiliki 365 haru dalam setahun, artinya setiap 4 tahun sekali diperlukan perbedaan waktu.

Jika tidak, manusia bakal kehilangan hampir 6 jam dari kalender setiap tahun. Lalu, kenapa Februari yang memilki 28 hari dan menjadi bulan dengan hari terpendek dari lainnya?

Selain Februari, semua bulan dalam kalender Gregorian memiliki waktu 30 atau 31 hari. Kalender Romawi asli terdiri dari 10 bulan, masing-masing dengan 30 atau 31 hari, bukan dimulai dari bulan Januari tetapi dimulai dari bulan Maret.

Tetapi untuk menyelaraskan kalender dengan tahun lunar, yaitu 354 hari, itu berarti perlu lebih banyak bulan untuk ditambahkan.

Menurut Slate, seorang Raja Romawi bernama Numa Pompilius mengatakan, bahwa ia tidak senang menambahkan angka genap yang dianggap takhayul.

Jadi penguasa saat itu menambahkan satu hari ekstra pada Januari, menjadikannya 31 hari. Namun, Februari hanya tersisa dengan 28 hari karena alasan yang tidak sepenuhnya dipahami.

Ketika Julius Caesar mengambil alih kekuasaan, ia membuang kalender berbasis bulan untuk digantikan dengan kalender berbasis matahari.

Kalender Julian, demikian sebutannya, secara bertahap diubah hingga diganti dengan kalender Gregorian yang digunakan hingga saat ini. Tetapi sebagian dari Gereja Ortodoks Timur masih terus menggunakan kalender Julian.

Baca Juga: Sinergi KKP dan TNI AL Berantas Penyelundupan BBL Ilegal di Batam

(amj)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini