Share

3 Cara Agar Baterai HP Awet, Simak Berikut Ini!

Asthesia Dhea Cantika, Jurnalis · Sabtu 05 Februari 2022 06:01 WIB
https: img.okezone.com content 2022 02 04 57 2542459 3-cara-agar-baterai-hp-awet-simak-berikut-ini-w92DS8sSPH.jpg 3 cara agar baterai HP awet (Foto: MyRepublic)

JAKARTA - Cara agar baterai HP awet memang beragam dan penting, mengingat di era digital saat ini, keberadaan HP (handphone) bukan lagi sekadar penunjang, melainkan kebutuhan wajib.

Terutama di masa pandemi yang serba digital baik dalam belajar bahkan bekerja. Namun, masih banyak pengguna HP yang mengeluh karena beberapa HP versi lama tidak dilengkapi baterai dengan kapasitas tinggi.

Agar baterai tetap awet dan tidak ribet mencari sumber listrik untuk mengisi daya saat bepergian, berikut 3 cara mudah menghemat baterai.

1. Hindari menggunakan HP saat sedang mengisi daya (charge)

Kebiasaan pengguna HP saat ini, banyak yang tetap menggunakan HP saat sedang mengisi daya. Namun, tahukah okezoners, hal tersebut dapat meningkatkan temperatur pada baterai dan berpengaruh terhadap daya hidup baterai.

Sehingga dapat meningkatkan tekanan pada baterai dan membuatnya kehilangan efektivitas lebih cepat. Maka dari itu, tahan diri untuk tidak memainkan HP saat sedang mengisi daya.

2. Menjaga siklus pengisian daya

Masih banyak pengguna yang beranggapan bahwa baterai HP cepat boros karena mengisi daya baterai semalaman.

Namun, hal itu sudah tidak berlaku untuk smartphone karena sudah dibekali sistem yang akan menghentikan daya listrik secara otomatis ketika baterai telah terisi penuh.

Sebagai gantinya, Okezoners bisa melakukan pengisian daya HP saat baterainya sudah 40 persen dan cabut kabel charger ketika baterai sudah terisi sekitar 80%.

Selain sebagai cara agar baterai HP awet, cara ini juga untuk menjaga siklus baterai HP agar tidak merusak sistem di dalamnya.

3. Gunakan low power mode atau battery saving mode 

Fitur satu ini telah banyak dilengkapi pada smartphone yang berguna sebagai salah satu cara menjaga baterai HP tetap awet dan tahan lama. Fungsinya, untuk menghentikan aplikasi yang berjalan pada background HP.

Namun, fitur ini perlu diaktifkan secara manual sehingga Okezoners perlu memastikan melalui pengaturan pada masing-masing HP.

Demikian cara menjaga agar baterai HP awet. Untuk menjaga baterai juga sistem pada HP, Okezoners diharapkan dapat bijak dalam menggunakan HP.

(amj)

Berita Terkait

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini