Share

Ilmuwan Jerman Kembangbiakkan Babi, Jantungnya untuk Kebutuhan Donor Manusia

Ahmad Muhajir, Jurnalis · Sabtu 05 Februari 2022 11:03 WIB
https: img.okezone.com content 2022 02 05 56 2542733 ilmuwan-jerman-kembangbiakkan-babi-jantungnya-untuk-kebutuhan-donor-manusia-C03KGh5POj.jpg Ilmuwan Jerman kembangbiakkan babi untuk donor jantung (Foto: BioEdge)

JAKARTA - Ilmuwan Jerman ingin mengembangbiakkan babi yang gen-nya telah dimodifikasi, jantungnya nanti dimanfaatkan untuk donor ke manusia.

Dilansir dari Reuters, Sabtu (5/2/2022), rencana ini didorong atas kesuksesan babi rekayasa genetik di Amerika Serikat yang jantungnya berhasil didonorkan ke manusia beberapa waktu lalu.

Seorang ilmuwan dari Ludwig-Maximilians University (LMU), Exkhard Wolf, menyampaikan jika tujuan timnya ingin menghasilkan spesies babi baru yang dimodifikasi dan berasal dari Pulau Auckland.

Wolf mengatakan, babi-babi itu rencananya akan siap untuk digunakan sebagai percobaan transplantasi jantungnya pada 2050 mendatang.

Diketahui, Wolf sudah meneliti proses transplantasi hewan ke manusia atau xenotransplantasi selama 20 tahun. Teknologi yang dipakai saat ini, diterapkan pula untuk mengkloning babi.

"Generasi pertama (babi rekayasa genetik) dijadwalkan lahir tahun ini, dan jantung mereka bakal diuji pada babun, sebelum tim mendapatkan izin uji klinis terhadap manusia," kata Wolf.

Sementara itu, nantinya praktik donor jantung dari babi ke manusia ini hanya dapat diterapkan ketika pasien didiagnosis mengalami kegagalan fungsi organ, dan tidak punya pilihan pengobatan lain.

(amj)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini