Share

Amerika Kerahkan Robot Anjing Canggih untuk Jaga Wilayah Perbatasan

Tim Okezone, Jurnalis · Senin 07 Februari 2022 08:01 WIB
https: img.okezone.com content 2022 02 07 56 2543295 amerika-kerahkan-robot-anjing-canggih-untuk-jaga-wilayah-perbatasan-zy0LHQJNGi.jpg Amerika Serikat kerahkan robot anjing untuk jaga wilayah perbatasan. (Foto: Gizmo China)

PEMERINTAH Amerika Serikat membuat inovasi dalam menjaga wilayah perbatasan negaranya. Baru-baru ini mereka melakukan uji coba robot anjing sebagai penjaga perbatasan. Robot anjing tersebut bertugas berpatroli di sekitar perbatasan.

Dikutip dari Antara, Senin (7/2/2022), meski masih tahap uji coba, ini menjadi kabar menarik, mengingat masih belum banyak kehadiran robot anjing yang menanggung beban dan tanggung jawab besar.

Baca juga: Pertama Kalinya Robot Lakukan Operasi Tanpa Bantuan Manusia 

Sebagaimana dilansir Gizmo China, kehadiran robot anjing untuk menjaga wilayah perbatasan Amerika Serikat dirilis langsung oleh Departemen Keamanan Dalam Negeri AS.

Meski bentuknya tidak memiliki kepala, robot itu tampak terlihat seperti anjing karena memiliki empat kaki serta bertubuh tegap layaknya anjing penjaga yang sudah dilatih untuk sistem keamanan.

Baca juga: Perkembangan Teknologi Informasi Era Industri 4.0 Gerus Tenaga Manusia di Dunia Kerja 

Mesin-mesin canggih tersebut sedang diuji dalam berbagai situasi pengawasan yang menurut Departemen Keamanan AS telah berhasil sejauh ini.

Pengembangan robot anjing tersebut akan berlanjut. Wilayah perbatasan selatan AS bisa menjadi lokasi uji coba yang bagus untuk robot anjing itu menunjukkan kemampuannya, mengingat medannya yang cukup menantang.

Departemen Keamanan AS mendapat bantuan pengembangan serta penelitian dari Direktorat Sains dan Teknologi yang berfokus pada kendaraan pengawasan darat otomatis.

Robot anjing yang disiapkan menjaga perbatasan AS tersebut dibuat oleh perusahaan robotika Ghost Robotics. Mereka terkenal dengan karya robot Ghost Vision 60-nya.

Baca juga: Robot Pertama di Dunia adalah Buatan Al-Jazari 

Robot anjing yang kini diuji coba AS itu dilengkapi kamera dan sensor untuk inspeksi. Kemudian diprogram untuk secara mandiri berpatroli di titik arah GPS yang telah ditentukan sebelumnya.

Mereka dapat memeriksa gerbong kereta di rel, berjalan di sekitar bagian bawah gerbong, menjelajahi bangunan tempat tinggal, serta menanggapi pertemuan dengan individu yang berpotensi konflik.

Baca juga: Cerita Haru di Balik Robot Avatar Jadi Murid dan Pergi ke Sekolah Setiap Hari 

Robot anjing tersebut sangat cocok untuk medan yang tidak rata di perbatasan karena dapat menavigasi dengan mudah menggunakan empat kakinya.

Masih dibutuhkan solusi untuk ketahanan daya baterai untuk robot anjing itu bisa beroperasi dengan maksimal.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini