Share

Ini Penyebab Suhu di Indonesia Lebih Dingin, Tak Terkait Aphelion

Ahmad Muhajir, Jurnalis · Jum'at 11 Februari 2022 11:47 WIB
https: img.okezone.com content 2022 02 11 56 2545678 ini-penyebab-suhu-di-indonesia-lebih-dingin-tak-terkait-aphelion-7zs4rsbWpM.jpg Penyebab suhu di Indoensia lebih dingin, tak terkait Aphelion (Foto: Metro)

JAKARTA - Fenomena Aphelion kerap disandingkan sebagai penyebab suhu di Indonesia lebih dingin terutama di malam hari, benarkah narasi yang beredar tersebut?

Dikutip dari keterangan persnya, Jumat (11/2/2022), Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) menerangkan, informasi tersebut tersebar sangat cepat dan cukup meresahkan masyarakat.

"Sebenarnya fenomena aphelion ini adalah fenomena astronomis yang terjadi setahun sekali pada kisaran Juli. Sementara itu, pada waktu yang sama, secara umum wilayah Indonesia berada pada periode musim kemarau," tulis BMKG dalam keterangannya.

Hal inilah menyebabkan seolah Aphelion memiliki dampak yang ekstrem terhadap penurunan suhu di Indonesia. BMKG menjelaskan, secara fisis, uap air dan air merupakan zat yang cukup efektif dalam menyimpan energi panas.

"Sehingga, rendahnya kandungan uap di atmosfer ini menyebabkan energi radiasi yang dilepaskan oleh Bumi ke luar angkasa pada malam hari tidak tersimpan di atmosfer dan energi yang digunakan untuk meningkatkan suhu atmosfer di atmosfer lapisan dekat permukaan Bumi tidak signifikan," terang BMKG.

Hal inilah yang menyebabkan suhu udara di Indonesia saat malam hari di musim kemarau relatif lebih rendah, dibandingkan saat musim hujan atau peralihan.

Kondisi ini, bertolak belakang dengan kondisi saat musim hujan atau peralihan di mana kandungan uap air di atmosfer cukup banyak, sehingga atmosfer menjadi semacam "reservoir panas" ketika malam hari.

"Ini menunjukkan, fenomena Aphelion memiliki pengaruh yang kurang signifikan terhadap penurunan suhu di Indonesia, sehingga diharapkan masyarakat tidak perlu khawatir secara berlebihan terhadap informasi yang menyatakan bahwa akan terjadi penurunan suhu ekstrem di Indonesia akibat dari Aphelion," tegas BMKG.

Baca Juga: Sinergi KKP dan TNI AL Berantas Penyelundupan BBL Ilegal di Batam

(amj)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini