Share

Matahari Buatan Inggris Catat Rekor Baru Capaian Energi

Ahmad Muhajir, Jurnalis · Jum'at 11 Februari 2022 17:54 WIB
https: img.okezone.com content 2022 02 11 56 2545936 matahari-buatan-inggris-catat-rekor-baru-capaian-energi-N79cNo55wQ.jpg Matahari buatan Inggris catat rekor baru capaian energi (Foto: ScienceFocus)

JAKARTA - Ilmuwan Inggris belum lama ini mengklaim, mereka telah mencatat rekor baru dalam capaian menghasilkan energi dari Matahari buatannya. 

Disadur dari CGTN, Jumat (11/2/2022), Matahari buatan tersebut merupakan teknologi fusi nuklir yang menghasilkan panas di mana prosesnya sama dengan Matahari di luar angkasa.

Teknologi ini, dinilai sebagai sumber potensial masa depat untuk mewujudkan energi bersih yang hampir tidak terbatas produksinya.

Sejumlah pihak pun percaya, dengan adanya Matahari buatan ini bisa membantu mengatasi krisis iklim karena menyeduakan energi yang berlimpah, aman, dan ramah lingkungan.

Kini, sebuah tim di fasilitas Joint European Torus (JET) dekat Oxford, Inggris, tengah menghasilkan 59 megajoule (11 megawatt) energi selama masa percobaan dan bertahan selama 5 detik.

"Jika kami dapat memertahankan fusi selama 5 detik, kami akan bisa melakukannya selama 5 menit, dan kemudian 5 jam saat kami meningkatkan operasi kami di mesin masa depan," ujar Tony Donne dari konsorsium EUROfusion.

Otoritas Energi Atom Inggri menyampaikan, catatan ini memecahkan rekor sebelumnya, bahkan hingga lebih dari dua kali lipat rekor tahun 1997.

"Hasil percobaan ini, merupakan demonstrasi paling nyata mengenai potensi energi fusi nuklir untuk mengasilkan energi rendah karbon yang aman dan berkelanjutan," kata Badan tersebut.

(amj)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini