Share

Alquran dan Sains, Menjelaskan Kekuatan dari Jaring Laba-Laba Seperti Baja

Ahmad Muhajir, Jurnalis · Sabtu 12 Februari 2022 07:02 WIB
https: img.okezone.com content 2022 02 11 56 2546026 alquran-dan-sains-menjelaskan-kekuatan-dari-jaring-laba-laba-seperti-baja-W6Z8DZAO7v.jpg Kekuatan dari jaring laba-laba seperti baja (Foto: Reuters)

JAKARTA - Ternyata jaring laba-laba memilki kekuatan yang sebanding dengan baja, para ilmuwan pun telah membuktikannya. Alquran sendiri, turut mengabadikan hewan tersebut.

Dirangkum dari buku Alquran versus Sains Modern, dijelaskan bahwa jaring laba-laba menjadi inspirasi para ilmuwan, sebab memiliki struktur yang terorganisasi rapi seperti kristal.

Jaring laba-laba, juga memiliki ketahanan terhadap air, dan mempunyai kekuatan lima kali lebih besar ketimbang baja dengan ukuran yang sama, dan dua kali lebih lentur dibandingkan serat nilon.

Oleh karena itu, para ilmuwan menyebutnya baja biologis atau biobaja. Dikarenakan kuatnya serat pada jaring laba-laba, sehingga dikembangkan sebagai bahan tekstil tahan peluru, bodi mobil, penguat material komposit untuk peralatan elektronik dan bahan pesawat terbang.

Laba-laba juga disebutkan dalam Alquran Surah Al Ankabut Ayat 41:

مَثَلُ ٱلَّذِينَ ٱتَّخَذُوا۟ مِن دُونِ ٱللَّهِ أَوْلِيَآءَ كَمَثَلِ ٱلْعَنكَبُوتِ ٱتَّخَذَتْ بَيْتًا ۖ وَإِنَّ أَوْهَنَ ٱلْبُيُوتِ لَبَيْتُ ٱلْعَنكَبُوتِ ۖ لَوْ كَانُوا۟ يَعْلَمُونَ

"Perumpamaan orang-orang yang mengambil pelindung-pelindung selain Allah adalah seperti laba-laba yang membuat rumah. Dan sesungguhnya rumah yang paling lemah adalah rumah laba-laba kalau mereka mengetahui." (QS Al-Ankabut: 41).

(amj)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini