Share

Cara Uninstall Aplikasi Di Laptop Windows. Berikut 6 Ulasannya!

Destriana Indria Pamungkas, Jurnalis · Minggu 13 Februari 2022 08:03 WIB
https: img.okezone.com content 2022 02 12 57 2546285 cara-uninstall-aplikasi-di-laptop-windows-berikut-6-ulasannya-KvgYvNcMuh.jpg Cara uninstal aplikasi di laptop Windows (Foto: CNET)

JAKARTA - Cara uninstall aplikasi di laptop harus diketahui selain mengetahui cara menginstall aplikasi. Sama seperti smartphone, aplikasi yang tidak penting pada laptop jika terlalu banyak akan menyebabkan performa laptop tidak stabil. Maka dari itu, pada artikel kali ini Okezone akan membahasnya untuk anda.

Secara umum, menguninstall aplikasi yang tidak penting pada laptop harus dilakukan secara berkala karena komputer atau laptop memiliki batas penyimpanan yang terbatas. Belum lagi aplikasi-aplikasi yang ada pada laptop akan terus meminta untuk diperbaharui setiap beberapa bulan atau setahun sekali. Pembaruan ini akan menyita beberapa ruang penyimpanan di laptop anda.

Melakukan uninstall aplikasi yang tidak perlu juga akan memberikan beberapa manfaat, seperti menambah ruang pada HDD (Hard Drive Disk), serta meningkatkan performa komputer dan keamanannya.

Dirangkum dari berbagai sumber, berikut Okezone jelaskan mengenai 6 cara uninstall aplikasi di laptop.

Menggunakan Start Menu

Cara yang paling basic yang dapat anda gunakan dalam menguninstall aplikasi adalah dengan menggunakan tombol start. Caranya adalah klik tombol Start atau ikon Windows pada taskbar > pilih aplikasi yang ingin anda hapus > klik kanan pada aplikasi tersebut lalu pilih “uninstall”.

Menggunakan Control Panel

Selain menggunakan menu Start, anda juga bisa menggunakan Control Panel. Caranya adalah dengan mengklik tombol Start atau ikon Windows pada taskbar > ketik Control Panel dan klik pada menu tersebut > pada kolom Program and Features anda dapat mencari aplikasi yang ingin anda hapus > kemudian anda bisa klik pada ikon aplikasi dan pilih “uninstall”.

Melalui Settings

Selain menggunakan ketiga cara sebelumnya, anda bisa menggunakan menu Settings. Caranya adalah klik tombol Start atau ikon Windows pada taksbar > pilih Settings > klik Apps > lalu anda dapat memilih aplikasi mana yang akan di uninstall.

Menggunakan Aplikasi Revo Uninstaller

Aplikasi dari pihak ketiga ini perlu di install dulu pada perangkat anda. Aplikasi ini akan memudahkan anda dalam menemukan aplikasi yang ingin anda hapus. Berikut cara untuk menggunakan aplikasi ini. Pertama buka Revo Uninstaller > klik dua kali atau klik kanan pada aplikasi yang ingin dihapus > pilih uninstall.

Aplikasi CCleaner

Selain menggunakan Revo Uninstaller, anda juga dapat mencoba menggunakan CCleaner. Tentunya anda juga harus menginstall dulu aplikasi ini. Setelah menginstall, anda dapat menggunakan CCleaner sebagai berikut. Pertama buka aplikasi CCleaner > klik Cleaner > pilih aplikasi yang ingin dihapus > klik tombok Analisis > Klik Run Cleaner > Klik Ok. Cukup mudah bukan?

Aplikasi IObit Uninstaller

Sama seperti aplikasi pihak ketiga lainnya, untuk menggunakan IObit anda harus menginstallnya terlebih dahulu. Cara menggunakannya adalah pertama buka aplikasi IObit yang sudah ada pada laptop anda > pilih Windows Apps untuk memilih aplikasi yang ingin dihapus > klik Uninstall.

Demikian 6 cara uninstall aplikasi di alptop. Semoga membantu.

Follow Berita Okezone di Google News

(amj)

Berita Terkait

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini