Share

64 Kanal Telegram Diblokir, Ini Penyebabnya

Tim Okezone, Jurnalis · Minggu 13 Februari 2022 09:53 WIB
https: img.okezone.com content 2022 02 13 54 2546475 64-kanal-telegram-diblokir-ini-penyebabnya-5xJTcVheJW.jpg Ilustrasi Telegram. (Foto: Techcrunch)

TELEGRAM memblokir 64 kanal di Jerman karena diduga menyebarkan teori konspirasi anti-vaksin covid-19. Reuters, mengutip koran Sueddeutsche Zeitung, melaporkan Kepolisian Federal Jerman sebelumnya mengirim permintaan ke Telegram untuk memblokir puluhan kanal tersebut.

Dikutip dari Antara, Telegram diduga memicu tumbuhnya teori konspirasi anti-vaksin covid-19. Para pendukung teori tersebut menggunakan platform pesan instan ini untuk bertukar berita tentang bahaya vaksin sampai mengatur aksi protes yang berkembang menjadi kekerasan.

Baca juga: 4 Langkah Nonton Film Gratis di Telegram 

Kanal-kanal yang diblokir termasuk milik Attila Hildmann, koki selebritas vegan yang menyebarkan teori konspirasi soal virus corona kepada lebih dari 100.000 pengikutnya.

Kementerian Dalam Negeri Jerman pekan lalu menyatakan sudah berdiskusi dengan perwakilan Telegram. Kementerian belum memberikan keterangan soal pemblokiran ini. Sementara pihak Telegram belum memberikan komentar.

Baca juga: 3 Fitur Baru Telegram yang Wajib Dicoba, Makin Seru! 

Aplikasi Telegram di Jerman populer di kalangan kelompok sayap kanan jauh. Menteri Dalam Negeri Nancy Faeser bulan lalu mengatakan Jerman bisa menutup Telegram dan sedang berdiskusi dengan mitra di Uni Eropa untuk mengatur layanan pesan instan tersebut.

Baca Juga: Sinergi KKP dan TNI AL Berantas Penyelundupan BBL Ilegal di Batam

(han)

1
1

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini