Share

Android 13 Itu Bernama Tiramitsu, Ini Fitur-Fiturnya ?

Tim Okezone, Jurnalis · Senin 14 Februari 2022 08:31 WIB
https: img.okezone.com content 2022 02 14 57 2546754 android-13-itu-bernama-tiramitsu-ini-fitur-fiturnya-XPPtUBjP49.jpg Terungkap Android 13 bernama Tiramitsu (foto: Google)

JAKARTA - Google baru saja merilis sistem operasi Android generasi ke-13. Android 13 untuk pengembang Android 13 mengkonfirmasi kode nama untuk OS tersebut yakni Tiramitsu.

Laman XDA Developer mendapatkan informasi dari orang yang mengetahui pengembangan Android 13 ini. Sistem operasi ini akan memiliki aplikasi "Panglingual", fitur yang sedang dikembangkan Google.

Fitur panlingual sangat bermanfaat bagi pengguna yang menguasai lebih dari satu bahasa. Saat ini, pengaturan ponsel hanya mengizinkan satu bahasa digunakan untuk seluruh aplikasi dan fitur yang dipasang di ponsel.

Dengan panlingual, pengguna bisa menentukan bahasa yang ingin digunakan per aplikasi.

Google berencana memberikan pengaturan baru untuk notifikasi pada Android 13. Notiffikasi akan menjadi fitur yang harus dinyalakan atau dimatikan, seperti memberi izin akses pada kamera dan lokasi dalam sebuah aplikasi.

Android 13 akan memiliki The Android Resource Economy atau TARE, manajemen penggunaan energi dalam perangkat Android.

Kode ini ditemukan 9t05Google pada Android versi developer preview, dalam menu About Phone. Nama Tiramitsu itu sendiri merupakan makanan penutup khas Italia yang sangat terkenal.

Sistem baru akan memiliki kontrol privasi yang lebih spesifik. Android 13 akan memungkinkan orang berbagi dengan aplikasi hanya foto tertentu, bukan semua media, melalui pemilih fotonya, versi khusus foto dan video dari fitur pemilih dokumennya.

Android 13 juga akan meminimalkan berbagi data lokasi melalui izin Wi-Fi baru. OS baru Google ini juga memperluas ikon aplikasi dinamis ke semua aplikasi dan dirancang untuk memudahkan pengembang menentukan bahasa pilihan pengguna, sebagaimana dikutip dari Cnet.

Menurut Google dalam sebuah postingan blog, pratinjau juga memulai pekerjaan refresh Perpustakaan Inti Android untuk mendukung Java 11. Sesuai namanya, untuk saat ini rilis pratinjau "hanya untuk pengembang".

Preview bukan ditujukan bagi konsumen sehari-hari, kata Google. Jadi, Anda perlu menunggu versi beta Android 13 belum tersedia untuk konsumen atau final agar lebih aman dan nyaman menggunakannya.

Baca Juga: Kawal Pengembangan Kampung Perikanan Budidaya, KKP Siapkan Pengawas Perikanan Andal

(amr)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini